Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung penuh Liga Selancar Dunia atau World Surf League (WSL) di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi pada 26 Mei-4 Juni 2022.

Dalam keterangan tertulis, Rabu, Amali mengatakan menjadi tuan rumah ajang besar tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia, khususnya Banyuwangi.

"Banyuwangi menjadi tempat yang dipilih itu salah satu hal yang membanggakan. Dunia internasional akan mengetahui bahwa di Indonesia ada tempat yang bagus dan perlu untuk kita ketahui,” ujar Amali saat menerima Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan rombongan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan ini, Amali juga memastikan akan hadir untuk membuka dan menyaksikan secara langsung Liga Selancar Dunia yang bertajuk Quiksilver Pro G-Land untuk putra dan Roxy Pro G-Land untuk putri tersebut.

"Insyaallah kami akan hadir. Saya mohon dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia terhadap kegiatan yang sangat bagus ini,” ujar Amali.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Amali atas perhatian dan dukungan terhadap kegiatan yang masuk dalam kalender WSL tersebut.

Dia menjelaskan WSL merupakan liga selancar internasional yang memiliki sosial media dengan engagement terbesar ketiga dunia setelah NBA dan NFL.

“Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses. Dan ini sejalan dengan arahan pak menteri bahwa olahraga harus dijadikan satu dengan pariwisata, sebagai sport tourism yang nantinya bisa membawa dampak pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya di Banyuwangi tapi juga bagi Indonesia," ujar Bupati Banyuwangi.

Baca juga: Banyuwangi kebut persiapan kompetisi selancar dunia Pantai Plengkung

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022