Jakarta (ANTARA) - PSSI mengumumkan bahwa pemain klub Liga Belgia, KA S Eupen, Jordi Amat akan tiba di Indonesia pada Sabtu (14/5) untuk menuntaskan beberapa hal terkait proses naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Rabu, pesepak bola berkewarganegaraan Spanyol tersebut dijadwalkan untuk mengunjungi kedutaan besar negaranya di Indonesia.

Selain itu, Jordi nantinya menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyebut bahwa kehadiran Jordi Amat tidak lepas dari keperluan pergantian kewarganegaraan.

Untuk itu, Yunus pun berterima kasih kepada pemerintah khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang sudah memberikan bantuan agar proses naturalisasi lebih cepat.

Baca juga: Kemenpora masih tunggu kelengkapan administrasi Sandy Walsh-Jordi Amat
Baca juga: PSSI: Sandy Walsh dan Jordi Amat tak sabar perkuat timnas Indonesia

Jordi Amat menjadi salah satu pemain naturalisasi berdarah Indonesia yang diharapkan dapat tampil untuk tim nasional di Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022, di Kuwait. Selain Jordi, pemain berkewarganegaraan Belanda Sandy Walsh juga diharapkan demikian.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpora dan Kemenkumham yang selama ini membantu proses naturalisasi ini. Proses administrasi telah berjalan dan kami berharap semuanya berjalan lancar sehingga baik Jordi dan Sandy bisa segera memperkuat timnas Indonesia,'' ujar Yunus.

Sandy Walsh sendiri juga direncanakan terbang ke Indonesia menjelang pekan ketiga Mei 2022.

Pria berpaspor Belanda yang berkarier di klub Liga Belgia KV Mechelen tersebut tidak berangkat bersama dengan Jordi lantaran harus menyelesaikan beberapa urusan di Belgia.

Di Kualifikasi Piala Asia 2023, timnas Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Nepal dan tuan rumah kualifikasi Kuwait. Fase penentu kelolosan ke Piala Asia 2023 itu akan berlangsung pada 8-14 Juni 2022.

Baca juga: Indonesia masuk Grup A Kualifikasi Piala Asia, bertanding di Kuwait
Baca juga: Dapat grup berat, PSSI optimistis Indonesia lolos ke Piala Asia 2023

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022