Jayapura (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua berharap atlet yang menjadi bagian dari kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam berkontribusi maksimal sehingga bisa mengharumkan nama bangsa.

Sekretaris umum (Sekum) KONI Papua Kenius Kogoya dalam keterangan resmi yang di terima media di Jayapura, Rabu, mengatakan diberangkatkannya atlet Papua ke kejuaraan dua tahunan itu tidak lepas dari prestasi mereka selama ini termasuk di PON 2021 lalu.

"Atlet asal Papua yang berpartisipasi di SEA Games tahun ini cukup banyak. Lebih dari 10 atlet" katanya.

Baca juga: 30 atlet Indonesia siap tampil pada defile SEA Games Vietnam
Baca juga: Kickboxing Indonesia amankan dua tiket final SEA Games Vietnam


Menurut dia, atlet Papua yang menjadi bagian dari kontingen Indonesia itu diantaranya dari cabang olahraga renang, dayung, menembak, panahan, karate hingga senam.

"Kami terus memberikan dukungan dan motivasi kepada atlet yang ikut SEA Games. Harapan kami mereka bisa memberikan yang terbaik," katanya menambahkan.

Kenius Kogoya menjelaskan, atlet Papua yang berlaga di SEA Games Vietnam ada yang debutan yang diantaranya atlet karate Claudio Nenobesi. Hal tersebut menunjukkan jika Provinsi Papua masih memiliki atlet berpotensi.

Nama Claudio Nenobesi muncul ke permukaan setelah meraih emas pada PON Papua lalu. Atlet berusia 20 tahun ini sukses membuat kejutan dengan mengalahkan atlet senior asal Sulawesi Selatan, Febi Ramadhan di kumite kelas -84kg.

"Ini membuktikan bahwa Provinsi Papua masih memiliki potensi atlet yang berbakat dan berprestasi. Kami berharap mereka membuktikan jika yang terpilih itu yang terbaik," pungkas Kenius Kogoya.

Baca juga: Karate Indonesia siap persembahkan tiga emas SEA Games Vietnam
Baca juga: Shin Tae-yong traktir timnas U-23 piza dan durian di Vietnam
Baca juga: Klasemen medali SEA Games 2021: Vietnam pegang kendali

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022