Jakarta (ANTARA) - Setelah musim mudik usai, kini waktunya Anda untuk kembali melakukan aktivitas rutin seperti bepergian ke kantor.

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengecek kembali mobil Anda di bengkel resmi agar performa mesin dan kualitas suku cadang tetap terawat sehingga pengalaman berkendara tetap nyaman. Terlebih, jika mobil yang dibawa pulang kampung sudah melewati jarak ribuan kilometer dan melalui berbagai jenis permukaan jalan.

Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diperiksa pasca mudik, dikutip dari siaran pers MG pada Kamis.

Baca juga: MG gandeng ExxonMobil sediakan pelumas untuk konsumen

Baca juga: Federal Oil sabet predikat pelumas untuk Generasi Z


Oli atau pelumas

Tingginya suhu mesin dapat mengubah kondisi oli, baik itu dari sisi kekentalan oli dan juga volumenya yang berkurang sehingga perlu diganti agar kondisi mesin tetap baik dan mampu berjalan dengan halus.

Kaki-kaki mobil

Shockbreaker, lower-arm, serta keausan dan tekanan angin ban harus dicek, karena perjalanan panjang dan kondisi jalan yang tidak menentu membuat mereka bekerja ekstra dalam menopang kendaraan, bahkan kondisi ban juga perlu dipastikan kualitasnya.

Pengereman

Kampas dan minyak rem harus dipastikan dalam kondisi normal, mengingat kemacetan panjang sering membuat rem mudah aus karena terkikis.

Suhu mobil

Mobil yang terus menerus digunakan bisa mengalami masalah jika dibiarkan hidup terus menerus. Ada beberapa kerusakan dalam mobil yang bisa memicu suhu mesin mobil menjadi naik, seperti anti-freeze atau pendingin mesin yang mengalami kebocoran dan thermostat yang bermasalah.

AC mobil

Kondisi AC juga harus dicek seperti kondisi filter dan kebersihannya. Biasanya, AC bekerja lebih pada saat mudik dan dapat menyebabkan sirkulasi AC menjadi kurang baik.

Tune Up

Bahan bakar minyak yang sudah mengalami proses campuran dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan performa kendaraan. Sebaiknya setelah mudik tune-up mesin dapat mengembalikan kondisi performa kendaraan kembali dan menjadi lebih optimal.

Bagi pemilik mobil MG, program layanan purnajual MG Care #LebaranMudahMudik masih berlangsung hingga 15 Mei mendatang. Melalui program tersebut, pemilik mobil diberi keleluasaan untuk mendapatkan free 34 inspection point kendaraannya.

"Program MG Care #LebaranMudahMudik adalah salah satu program layanan purnajual MG yang prima bagi konsumen dengan memberikan free 34 inspection point sejak pre-mudik hingga pasca mudik. Sehingga konsumen MG yang baru saja tiba dari kampung halamannya, sudah tidak perlu khawatir untuk melakukan pengecekan kendaraan melalui bengkel resmi MG, agar kendaraanya kembali prima," kata Arief Syarifudin, Lead Marketing & PR MG Motor Indonesia.

Kunjungi laman resmi MG Indonesia untuk menemukan lokasi diler resmi terdekat sehingga Anda bisa mendapatkan layanan prima dari tenaga servis yang andal dan bersertifikasi dari MG Motor Indonesia.

Baca juga: MG HS Dark Midnight Edition meluncur hanya 100 unit

Baca juga: Pasar sedan semakin menantang, ini spesifikasi MG 5 GT dan Civic RS

Baca juga: Pesona deretan mobil baru di IIMS Hybrid 2022, ini daftarnya
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022