Jakarta (ANTARA) - Milwaukee Bucks bangkit mengatasi defisit 14 poin yang sempat mereka rasakan di kuarter keempat Gim 5 semifinal Wilayah Timur NBA untuk meraih kemenangan 110-107 atas Boston Celtics di TD Garden, Massachussetts, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Celtics menjauh dalam kedudukan 93-79 lewat tembakan dua angka Payton Pritchard pada sisa waktu 10 menit 16 detik kuarter pemungkas.

Bucks menjawabnya dengan rentetan poin 13-5 selama kurang lebih tiga menit berikutnya untuk mendekat 92-98 yang dicapai setelah Bobby Portis Jr. memanfaatkan dua lemparan bebas.

Tim tamu bahkan mampu menyamakan kedudukan 105-105 berkat tripoin Jrue Holiday pada sisa waktu 42,4 detik, dan belakangan terbukti bahwa itu bukan satu-satunya momen krusial yang bakal guard Bucks berusia 31 tahun tersebut.

Setelah time-out, Celtics memimpin lagi 107-105 berkat dua lemparan bebas Jayson Tatum, tapi satu lemparan bebas Giannis Antetokounmpo dan layup mudah Portis membuat Bucks kembali unggul 108-107 di sisa waktu 11,4 detik memaksa tuan rumah meminta time-out kembali.

Baca juga: Al Horford akui terpicu Antetokounmpo saat pimpin Celtics rebut Gim 4

Holiday lantas memamerkan kebolehannya menggalang pertahanan yang tangguh saat memblok layup Marcus Smart pada sisa waktu 8,1 detik dan melemparkan bola ke tubuh Pemain Bertahan Terbaik (DPOY) NBA musim ini tersebut demi mendapatkan penguasan bola bagi Bucks.

Pat Connaughton kemudian mengkonversi dua lemparan bebas membuat kedudukan jadi 110-107 bagi Bucks dan ketika Celtics menyerang lagi di sisa waktu yang ada, Holiday mencuri penguasaan bola dari Smart demi mengunci kemenangan tim tamu yang kini memimpin seri 3-2.

Antetokounmpo masih jadi pemain paling dominan dengan raihan 40 poin dan 11 rebound dalam kemenangan Bucks, diikuti Holiday yang mengemas 24 poin, delapan rebound, dan delapan assist.

Baca juga: Cetak poin unik, Giannis: Tuhan memberkati saya kemampuan meloncat

Portis menambahkan 14 poin dan 15 rebound, sedangkan Connaughton melengkapi dengan 13 poin.

Tatum memimpin Celtis dengan 34 poin, diikuti Jaylen Brown 26 poin, Smart 15 poin, dan Daniel Theis 11 poin, demikian catatan situs resmi NBA.

Hasil ini membuka kesempatan bagi Bucks untuk mengunci langkah mereka ke final Wilayah Timur apabila mampu meraih kemenangan di hadapan publik sendiri saat menjamu Celtics dalam Gim 6 di Fiserv Forum, Wisconsin, Jumat (13/5) waktu setempat.

Baca juga: Celtics vs Bucks: Mampukah Antetokounmpo membendung Tatum dkk?

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022