Padang (ANTARA News) - Duabelas anggota jamaah haji Debarkasi Padang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil karena kesehatannya terganggu sesampainya di Tanah Air.

Menurut Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang Japeri di Padang, Jumat, dari 12 anggota jamaah haji yang dirujuk tersebut seorang di antaranya meninggal dunia yakni Syamsidar (55) dari kelompok terbang VII dan delapan lainnya telah pulang ke daerah masing-masing.

Kemudian, saat ini empat haji masih dalam perawatan di RSUP dr M Djamil atas nama Baidar Nur M Nur (67) asal Kota Padang masuk pada 17 November 2011.

Selanjutnya, Rosdiana Dokam Hidayat (71) asal Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu karena mengalami penurunan kesadaran dan memiliki riwayat stroke dirujuk sejak 22 November 2011.

Lalu, pada 30 November 2011 jamaah haji bernama Tri Yulianti (48) asal Kabupaten Limapuluh Kota dirujuk setelah mengalami tumor pada paru dan Ibrahim Gedung Naik (71) asal Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi karena menderita diabetes dan darah tinggi.

Menurut Japeri, semua biaya pengobatan selama jamaah di rawat ditanggung sepenuhnya oleh PPIH karena merupakan bagian dari pelayanan ibadah haji.

Sementara, Ketua Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Padang dr Hannie Masyita mengatakan haji yang dirujuk sebagian besar merupakan kategori jamaah resiko tinggi karena sebelumnya telah memiliki riwayat penyakit.

"Setiap jamaah yang tiba dari Tanah Suci terutama memiliki resiko tinggi akan diperiksa di poliklinik dan jika dari hasil pengamatan perlu dirawat akan langsung dirujuk ke RSUP dr M Djamil," kata dia.

Selain itu, secara umum berdasarkan hasil pemeriksaan banyak ditemukan jamaah yang setelah tiba di Tanah Air mengalami infeksi saluran pernafasan.

Hal itu menurutnya disebabkan peralihan cuaca yang cukup ekstrem dari panas menjadi hujan serta sebaliknya.

Ia juga mengimbau, dalam waktu 14 hari setelah kepulangan jika jamaah merasakan gejala suatu penyakit di tubuhnya seperti demam dan diare harap segera memeriksakan kepada puskesmas setempat.

Menurut dia, dapat saja jika seseorang terinfeksi penyakit gejalanya baru dirasakan dalam waktu satu hingga dua minggu sesudahnya.

Kemudian hingga Jumat sebanyak 6.434 orang jamaah haji Debarkasi Padang telah dipulangkan ke Tanah Air terdiri atas 2.706 jamaah pria dan 3.728 jamaah wanita.

Dijadwalkan kloter XXII yang merupakan kloter terakhir akan pulang pada 7 Desember 2011.

(KR-IWY/Z002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011