Hanoi (ANTARA) - Kota Hanoi, termasuk salah satu kota di Vietnam yang memiliki kesibukan dengan kegiatan bisnis dan ekonominya, termasuk dengan adanya gelaran SEA Games 2021.

Transportasi daring pun menjadi alternatif untuk bepergian, terutama sepeda motor alias ojek karena lebih lincah dan leluasa menembus kemacetan.

Antara berkesempatan menjajal ojek "online" saat meliput SEA Games 2021 di Hanoi, Rabu waktu setempat, karena sudah ada aplikasi transportasi daring yang terpasang di ponsel.

Beberapa aplikasi transportasi daring memang sudah lintas negara sehingga bisa langsung terkoneksi ketika digunakan saat bepergian di negara lain.

Jadi, tidak perlu menginstal aplikasi yang lain, melainkan cukup dengan aplikasi transportasi "online" bawaan dari Indonesia dan tinggal order.

Namun, ternyata proses mengorder tidak mudah bagi orang asing karena seringkali "Google Maps" tidak bisa membaca titik lokasi tujuan jika tidak disesuaikan dengan nama lokal.

Semisal, Viet Tri Stadium yang merupakan nama dalam bahasa Inggris tidak akan muncul jika dicari, tetapi baru akan terlihat jika dicari dengan nama Sân vận động Từ Liê.

Maka dari itu, perlu dipastikan dulu titik yang akan dituju, dan kalau perlu dikomparasi dengan nama lokal tempat tersebut dan dicek lagi dengan peta di aplikasi agar lebih akurat.

Sebab, jika titiknya tidak tepat maka risikonya salah tempat dan bisa tersesat. Jika lokasinya masih di dalam kota mungkin tidak akan terasa, namun jika lokasinya jauh akan sangat menyulitkan.

Ditambah lagi, tidak banyak pengemudi ojek "online" yang menguasai bahasa Inggris sehingga aplikasi terjemah daring untuk menerjemahkan bahasa Vietnam menjadi solusi paling tepat untuk berkomunikasi.

Baca juga: Catatan SEA Games - Keunikan mata uang Vietnam
Baca juga: SEA Games yang tak lagi sama

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022