Program ini masih "pilot project", dan kita berharap bisa diikuti juga oleh perusahaan - perusahaan lain yang ada di Kota Tangerang
Tangerang, Banten (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten melalui Dinas Ketenagakerjaan meluncurkan program penempatan tenaga kerja bagi warga kurang mampu yang terbatas syarat ijazah karena putus sekolah.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah di Tangerang, Kamis mengatakan program ini menjadi upaya dari Pemkot Tangerang dalam memfasilitasi masyarakat kurang mampu mendapatkan kerja.

"Program ini masih 'pilot project', dan kita berharap bisa diikuti juga oleh perusahaan - perusahaan lain yang ada di Kota Tangerang," kata Wali Kota Arief usai acara yang dihadiri jajaran direksi di PT. Adhi Candra Jaya, Jalan Prabu Kian Santang, Kelurahan Sangiang Jaya, Periuk, Kamis (12/5).

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menyampaikan apresiasinya atas sinergi yang dilakukan oleh PT. Adhi Candra Jaya sebagai industri yang turut membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran melalui program penempatan tenaga kerja bagi warga kurang mampu.

Pemkot Tangerang juga memiliki program lainnya yakni bursa kerja (job fair) baik secara daring maupun secara langsung yang rutin dilakukan setiap bulan.

Ia menambahkan melalui program terbaru dari Disnaker ini, akan semakin banyak menyerap angkatan kerja di Kota Tangerang khususnya bagi masyarakat kurang mampu. "Ke depan akan diidentifikasi warga kurang mampu yang memiliki kemampuan untuk bisa difasilitasi," kata Wali Kota.

Lebih lanjut Wali Kota berpesan kepada dua orang tenaga kerja yang mengikuti program tersebut untuk dapat memberikan kemampuan terbaik serta etos kerja yang tinggi dalam bekerja.

"Kesempatan sudah diberikan, terus belajar dan semangat agar bisa membanggakan keluarga, masyarakat dan Kota Tangerang," katanya.

Kepala Disnaker, Ujang Hendra Gunawan mengatakan program ini nantinya akan diteruskan ke perusahaan -perusahaan lainnya yang ada di Kota Tangerang. Sehingga masyarakat yang kurang mampu dapat segera mendapatkan pekerjaan.

"Lalu, untuk mengikuti program ini tidak ada syarat khusus. Nanti kami akan dapatkan data dari Kecamatan terkait mana saja warga yang kurang mampu dan nanti akan kami verifikasi dan saring lagi," katanya.

General Manager PT Adi Chandra Jaya, Hendri berharap PT Adi Chandra Jaya dapat menjadi role model bagi perusahaan lain untuk mengikuti program yang diluncurkan oleh Pemkot Tangerang.

"Untuk para penerima program saya harap dapat bekerja dengan baik dan maksimal karena sudah diberikan kesempatan bekerja oleh Pemerintah Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang gelar pelatihan pemasaran digital

Baca juga: Imbas COVID-19, 3.042 pekerja di Kota Tangerang-Banten terkena PHK

Baca juga: Wali Kota Tangerang rancang Festival Buruh untuk pekerja dan keluarga

Baca juga: Industri Kota Tangerang dinilai tumbuh, terima banyak pekerja

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022