Pontianak (ANTARA News ) - Satu siswa SMP asal Kalimantan Barat ikut mewakili Indonesia dalam International Junior Science Olympiad (IJSO) tahun 2011 yang kini berlangsung di Durban, Afrika Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, Alexius Akim dalam pesan singkatnya dari Durban, Sabtu, mengatakan, siswa tersebut bernama Valentino Sudaryo.

"Ia dari SMP Tunas Bangsa, Pontianak," kata Alexius Akim.

Ia melanjutkan, Kalbar ikut mendapat sambutan hangat dan diperkenalkan kepada seluruh peserta pendamping ke-43 negara yang ikut.

Ia menambahkan, untuk memberi dukungan moril, Gubernur Kalbar Cornelis dan istri, Frederika Cornelis ikut mendampingi Valentino Sudaryo.

Ia menyampaikan, Gubernur Cornelis mengharapkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Kalbar agar Valentino Sudaryo mampu memberi yang terbaik untuk Indonesia.

"Target kita di ajang ini, emas. Doakan supaya kita dapat, dan ini merupakan prestasi untuk semua," ujar Alexius Akim.

IJSO adalah kompetisi sains tingkat internasional untuk siswa-siswi yang berusia tidak lebih dari 15 tahun.

Kompetisi tersebut digelar pertama kali pada 2004 di Jakarta. Setiap negara dapat mengirim satu tim paling banyak 6 siswa dan tiga team leader.

Ujian terdiri dari tiga tes terpisah yang dilakukan pada hari berbeda. Ujian ini memerlukan pengetahuan yang berbeda di bidang sains yang meliputi kimia, fisika dan biologi.

Ada tiga jenis ujian yang diikuti yakni tertulis, teoritis dan eksperimen. Nilai maksimal masing-masing ujian yakni 30, 30 dan 40. (T011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011