Jakarta (ANTARA) - Jrue Holiday dihujani pujian oleh pelatih kepala Milwaukee Bucks Mike Budenholzer seusai membantu timnya mengatasi Boston Celtics 110-107 dalam Gim 5 semifinal Wilayah Timur NBA di TD Garden, Massachussetts, Rabu (11/5) waktu setempat.

Pujian itu tentu tidak lepas dari kerja pertahanan krusial yang dilakukan Holiday pada detik-detik akhir pertandingan setelah Bucks sukses bangkit dari ketertinggalan 14 poin untuk merebut keunggulan atas Celtics.

Pertandingan tinggal menyisakan waktu 8,1 detik ketika Marcus Smart merangsek dari sisi kanan menuju ring dan berusaha melepaskan layup untuk Celtics, tetapi Holiday sigap melakukan blok dan mencegah poin tercipta demi menjaga keunggulan 108-107 milik Bucks.

Tak berhenti sampai di situ, Holiday juga dengan cermat melemparkan bola liar ke badan Smart sebelum meninggalkan lapangan dan membuat Bucks melanjutkan permainan dengan penguasaan bola.

Setelah Pat Connaughton memanfaatkan dua lemparan bebas demi membawa tim tamu sedikit menjauh 110-107, Celtics berusaha membangun serangan pemungkas tapi Holiday sigap melancarkan steal terhadap Smart demi mencuri penguasaan bola dari peraih penghargaan Pemain Bertahan Terbaik (DPOY) NBA musim ini tersebut dan mengunci kemenangan Bucks.

"Sungguh sebuah permainan sarat insting yang luar biasa dari Jrue," kata Budenholzer memuji penampilan Holiday selepas pertandingan seperti dikutip dari situs resmi NBA, Kamis.

"Dia seorang pemenang. Jrue Holiday seorang pemenang. Silakan Anda tanya pemain atau pelatih mana pun di liga ini. Dia seorang pemenang," ujarnya menambahkan.

Holiday menutup pertandingan dengan kontribusi 24 poin, delapan rebound, dan delapan assist disertai dua blok dan satu steal.

Baca juga: Bucks atasi defisit 14 poin untuk rebut Gim 5 dari Celtics

Tak mau menerima kredit atas kemenangan kali ini sendirian, Holiday menyebut bahwa ia dan rekan-rekannya di Bucks bisa menjaga kepaduan untuk bangkit membayar defisit 14 poin dari Celtics.

"Tentu saja, bermain di Boston dan Anda tertinggal 14 poin di kuarter keempat, orang akan bilang situasinya tidak berpihak kepada kami. Tapi kami bisa bersatu," kata Holiday, yang juga sempat melesakkan tripoin untuk menyamakan kedudukan 105-105 di sisa 43 detik.

"Begitu cara kami menghadapi hidup dan mati," ujarnya menambahkan.

Holiday memang memainkan peranan krusial di detik-detik terakhir, tetapi Giannis Antetokounmpo masih jadi pemain paling dominan dalam kemenangan Bucks dengan raihan 40 poin dan 11 rebound.

Baca juga: Cetak poin unik, Giannis: Tuhan memberkati saya kemampuan meloncat

Selanjutnya: kontributor lain ...

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022