Tak sedikit, melalui pemberitaan ANTARA, potensi-potensi di Kalimantan Tengah, kini banyak dikenal secara nasional, baik itu potensi ekonomi, budaya, wisata dan lainnya
Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengapresiasi kinerja dan peran Perum LKBN ANTARA selama ini yang secara aktif membantu menyebarluaskan berbagai informasi pembangunan daerah hingga ke tingkat nasional.

"Tak sedikit, melalui pemberitaan ANTARA, potensi-potensi di Kalimantan Tengah, kini banyak dikenal secara nasional, baik itu potensi ekonomi, budaya, wisata dan lainnya," kata Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis.

Untuk itu Pemprov Kalteng mengharapkan agar hal positif ini bisa semakin ditingkatkan untuk mendukung pembangunan daerah, melalui kanal-kanal distribusi informasi milik LKBN ANTARA yang kini semakin beragam dan berkembang pesat.

Dia menyebutkan pemanfaatan kanal-kanal distribusi informasi dimaksud, selain mendukung ketersediaan akses informasi memadai tentang ragam potensi daerah, juga membantu menyampaikan kebutuhan pembangunan daerah.

Baca juga: Wagub Kalteng: Kebijakan WFH pasca libur Lebaran dilakukan situasional

"ANTARA, selama ini memiliki peranan yang cukup besar terhadap kemajuan pembangunan di Kalimantan Tengah, khususnya di bidang penyebarluasan informasi pembangunan daerah," tuturnya.

Banyak kebijakan pemerintah daerah, yang kini bisa dengan cepat sampai ke masyarakat karena pemberitaan ANTARA. Seperti kebijakan tentang upaya penanganan dan pencegahan COVID-19 yang sejak beberapa tahun terakhir melanda dunia termasuk Kalteng.

Sebagai upaya pencegahan dan penanganan pandemi tersebut, peranan media sangat penting, terutama dalam memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat, tentang pentingnya melaksanakan protokol kesehatan.

Dia juga menyampaikan, terlebih saat ini sudah mendekati tahun politik, peranan media sangat penting, bukan hanya untuk memberikan informasi yang mencerahkan terhadap masyarakat, tetapi juga menjaga situasi dan kondisi tetap aman serta kondusif.

Baca juga: ANTARA-Pemprov Kalteng bersinergi membangun daerah

"Di tengah maraknya informasi yang tidak benar, atau hoaks melalui berbagai sumber yang tidak jelas, peranan media seperti ANTARA sangat penting untuk bisa mengedukasi masyarakat, agar tidak mudah terpancing oleh informasi yang belum jelas kebenarannya," tegasnya.

Wagub Kalteng juga menyampaikan selamat kepada Kepala Biro LKBN ANTARA Kalteng periode 2018-2022 Rachmat Hidayat yang kini memiliki jabatan baru sebagai Kepala Biro LKBN ANTARA Jawa Timur, sekaligus menyambut hangat kedatangan Ulul Maskuriah selaku Kepala Biro LKBN ANTARA Kalteng yang baru.

"Di manapun berada, terus berikan yang terbaik bagi daerah maupun negara dengan menjalankan tugas dan fungsi masing-masing secara maksimal," harapnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng raih penghargaan kinerja pengelolaan DAK fisik terbaik

Sementara itu Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir mengharapkan agar sinergi yang sudah terjalin dengan baik bersama Pemprov Kalteng bisa terus ditingkatkan.

"ANTARA siap mendukung Pemprov Kalteng dalam menyukseskan pembangunan daerah, baik dalam penyebarluasan informasi berbagai kebijakan pemerintah maupun mempromosikan potensi-potensi daerah hingga tingkat nasional," jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pisah sambut Kepala Biro LKBN ANTARA Kalteng tersebut, perwakilan unsur Forkopimda, unsur pimpinan perbankan serta lainnya.

Baca juga: Wagub berangkatkan sampel utama tanah dan air Kalteng ke IKN


 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022