Per 11 Mei 2022 sudah 57 persen calon jamaah haji yang melakukan konfirmasi akan berangkat, layanan konfirmasi akan dibuka sampai 20 Mei 2022
Jambi (ANTARA) - Kementerian Agama Provinsi Jambi memberangkatkan 1.321 calon haji ke Tanah Suci Mekah pada musim haji tahun 2022.

"Menyesuaikan dengan kuota yang diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia maka pada tahun ini ada 1.321 calon haji asal Provinsi Jambi yang akan menunaikan ibadah haji," kata Kepala Sub Koordinasi Bina Haji Regular Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi Muhammad Bafadol di Jambi, Kamis.

Bafadol menjelaskan terjadi pengurangan kuota jamaah haji dari Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia pada tahun 2022 ini. Dimana kuota jamaah haji Indonesia berkurang 45 persen dari jumlah kuota reguler.

Dari pengurangan tersebut maka jumlah calon jamaah haji dari setiap provinsi turut menyesuaikan pengurangan jumlah jamaah haji yang akan diberangkatkan.

Baca juga: Kemenag Jambi pantau rukyatulhilal di Hotel Odua Weston

Sebanyak 1.321 calon jamaah haji asal Provinsi Jambi yang akan diberangkatkan menunaikan ibadah haji pada tahun ini merupakan calon jamaah haji yang telah melunasi biaya haji pada tahun 2020. Dari 2.851 orang yang telah melunasi biaya haji, terpilih 1.321 orang berdasarkan nomor porsi calon jamaah haji saat mendaftar haji.

Bagi calon jamaah haji yang belum bisa diberangkatkan akan menjadi prioritas pemberangkatan pada tahun 2023.

Selain itu pada tahun 2022 ini juga terdapat aturan baru, yakni jamaah haji yang berusia 65 tahun ke atas belum bisa menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Hal tersebut terkait dengan aturan pemberantasan penularan COVID-19.

Baca juga: Kemenag Jambi: Umat Shalat Tarawih dengan terapkan prokes

"Jamaah haji yang berusia 65 tahun ke atas masuk daftar prioritas pada tahun 2023, dan cadangan calon jamaah haji Jambi pada tahun ini berjumlah 266 orang," kata Muhammad Bafadol.

Tidak ada biaya tambahan bagi calon jamaah haji yang telah melunasi biaya haji pada tahun 2020.

Saat ini Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi dan Kantor Kementerian Agama di kabupaten dan kota di daerah itu telah membuka layanan konfirmasi bagi calon jamaah haji yang telah melunasi biaya haji. Jika calon jamaah haji telah melakukan konfirmasi pelunasan baya haji maka Kantor Kementerian Agama akan melakukan proses pemberkasan untuk persiapan pengajuan visa bagi calon jamaah haji.

"Per 11 Mei 2022 sudah 57 persen calon jamaah haji yang melakukan konfirmasi akan berangkat, layanan konfirmasi akan dibuka sampai 20 Mei 2022," kata Muhammad Bafadol.

Baca juga: Sekjen Kemenkes minta petugas haji tekan angka kematian jamaah

Baca juga: Kemenag rilis calon jamaah haji 2022 yang berhak berangkat


 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022