Jakarta (ANTARA) - Values 20 atau V20 sebagai bagian dari ajang G20 di Indonesia menghadirkan CARNIVALV20 yang akan dibuka dengan pekan pemutaran film pendek bermuatan nilai- nilai luhur.

Program CARNIVALV20 merupakan acara yang dapat diikuti masyarakat luas di Indonesia agar bisa memahami lebih baik dan menerapkan kembali nilai- nilai positif dan berpusat pada kemanusiaan dan alam sehingga dunia bisa kembali menjadi lebih baik.

"CARNIVALV20 adalah salah satu bagian dari rangkaian program dari V20 menuju V20 summit di bulan Oktober nanti kita jadi sekarang ini kita justru ingin mengajak masyarakat untuk tetap membawa obrolan membahas dan kembali pada nilai- nilai luhur sebagai pusat dari kehidupan dan juga dasar kerja. Jadi karena itu kita menyiapkan beberapa film pendek, beberapa performing art, dan beberapa webinar untuk membahas ini," kata V20 2022 Co-Sherpa Alissa Wahid dalam konferensi pers virtualnya, Kamis.

Adapun dalam V20 Indonesia ada empat nilai yang ingin diangkat ke tengah masyarakat yaitu nilai - nilai masyarakat (values in society), ekonomi (values in economy), alam dan lingkungan (values in nature), serta kesejahteraan (values in wellbeing).

Sebagai organisasi sosial, Nenilai dipercaya memegang tanggung jawab untuk memimpin berjalannya penyelenggaraan V20 di Indonesia dengan baik dan bisa mendukung secara optimal tema Presidensi G20 Indonesia yaitu "Recover Together, Recover Stronger".

Baca juga: Nenilai ditunjuk sebagai penyelenggara V20 Summit 2022 di Indonesia

Baca juga: V20 pada 2022 kembangkan rekomendasi kebijakan prioritas G20


Membuka pekan CARNIVALV20, Nenilai mengajak masyarakat untuk menikmati pekan Film V20 2022 yang jatuh pada 14- 21 Mei 2022.

Pemutaran film di 14 Mei 2022 akan dibuka secara virtual dan terbatas, menyajikan dua film pendek yang satu berasal dari Indonesia dan satu lagi berasal dari internasional.

Lalu mulai 15 Mei- 21 Mei, beberapa film yang sudah dikurasi oleh produser film Mandy Marahimin mulai bisa dinikmati oleh masyarakat yang telah mendaftar secara daring.

Selain acara pemutaran film, nantinya peserta juga bisa mengikuti mengikuti diskusi daring bertajuk "The Meaning of Values in Daily Life Through Film" yang diselenggarakan pada 21 Mei 2022 pukul 14.00 WIB.

Acara lainnya seperti webinar untuk memahami nilai- nilai yang ingin digelorakan lewat V20 Indonesia juga dipastikan akan tersedia untuk masyarakat luas.

Misalnya seperti webinar dengan topik "Nilai dan Masyarakat" pada 18 Mei 2022 yang akan menggandeng MPR RI.

Lalu pada 2 Juni akan ada webinar yang membahas topik "Nilai dan Ekonomi", disusul webinar bertopik "nilai dan Alam/Lingkungan" di Agustus 2022, dan ditutup dengan webinar "Nilai dan Kesejahteraan" di bulan yang sama bersamaan dengan pertunjukan seni virtual.

Pemutaran film pun dipilih untuk menjadi medium penyebaran nilai- nilai positif di tengah masyarakat karena film memiliki peran menyentuh hati manusia.

"Kami mengkurasi film- film yang ada, dan kami memilih film- film yang bisa dilihat secara utuh yang kemudian bisa memberikan pemahaman baru. Dalam mengkurasi film-film V20 ini, diharapkan penonton-penonton juga bisa merasakannya melalui plot, cerita ,karakter dan juga tema-tema yang ditampilkan tidak disampaikan secara gamblang tapi sesuatu yang bisa kita resapi dan kita pahami secara emosi," kata Mandy.

Adapun bagi anda yang tertarik untuk mengikuti Pekan Film V20 2022 dapat mendaftar langsung ke situs web https://v20filmweek.app.rsvpify.com/.

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia diharapkan percepat transisi energi global

Baca juga: Delegasi G20 sepakat hadirkan iklim pariwisata berkelanjutan

Baca juga: Sri Mulyani tekankan pentingnya literasi keuangan digital jelang G20

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022