Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat menjadi tamu kehormatan pada ajang pertemuan umum The Third General Assembly meeting of COMSTECH Inter-Islamic Network on Virtual Universities (CINVU) yang diselenggarakan di kampus Allama Iqbal Open University (AIOU) Islamabad, Pakistan, pada 11 Mei hingga 12 Mei 2022.

“Pertemuan itu dihadiri lebih dari 50 institusi perguruan tinggi dengan rangkaian acara yang dibagi menjadi tiga sesi,” ujar Rektor UT dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Sesi pertama yang dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2022 meliputi kegiatan diskusi terbuka perihal rencana dan program baru untuk tahun 2022, persiapan pelatihan gabungan dengan sesama anggota, diskusi penghargaan untuk pelatihan, dan mendukung kegiatan internasional yang efektif serta menyediakan informasi yang dibutuhkan.

Baca juga: UT gelar Akademi Kepemimpinan untuk hasilkan pemimpin masa depan

Pada sesi kedua, fokus pada pembahasan anggaran dan program oleh Sekretaris Umum CINVU, diskusi terbuka, penyampaian proposal baru dari para anggota, dan kegiatan pemilihan anggota dan ketua Komite Eksekutif CINVU.

Rektor UT yang juga Presiden Asian Association of Open Universities (AAOU) tersebut menjelaskan, pada sesi tiga menitikberatkan pada kekurangan dan reorganisasi Piagam CINVU, diskusi terbuka mengenai gagasan baru, dan kesimpulan.

Baca juga: Rektor UT: Pandemi dorong kampus beri konten pembelajaran menarik

Setelah pertemuan berakhir, peserta kegiatan melanjutkan agenda untuk mengunjungi Standing Committee for Scientific and Technological Cooperation (COMSTECH) dan disambut dengan presentasi singkat oleh Koordinator Umum COMSTECH yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas-fasilitas yang ada.

Kunjungan Rektor UT ke Pakistan tersebut juga diharapkan dapat membawa nilai-nilai positif yang nantinya dapat diimplementasikan di UT, mengingat UT merupakan perguruan tinggi dari wilayah Indonesia yang 90 persen dari penduduknya beragama Islam.

Baca juga: UT selenggarakan sarasehan bahas transformasi perguruan tinggi

Sama halnya dengan UT, AIOU yang didirikan pada tahun 1974 tersebut merupakan perguruan tinggi pertama di Asia dan Afrika yang mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh dan merupakan perguruan tinggi yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Pakistan dengan prestasi yang luar biasa. Informasi lebih lanjut terkait UT dapat diakses melalui laman https://www.ut.ac.id.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022