SEA Games 2021

Pengamat sebut timnas Indonesia harus waspadai Filipina

Pengamat sebut timnas Indonesia harus waspadai Filipina

Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kedua kiri) bersama rekan-rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). Indonesia menang dengan skor 4-1. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Hanoi, Vietnam (ANTARA) - Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni mengatakan tim nasional Indonesia harus mewaspadai Filipina dalam babak penyisihan Grup A SEA Games 2021 Vietnam yang akan digelar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat.

Menurut Kusnaeni, meski kualitas timnas Indonesia lebih baik dibandingkan dengan Filipina, namun Filipina pasti akan tampil menekan sejak awal pada pertandingan nanti itu karena mereka pasti telah mempelajari pertandingan skuad Garuda saat melawan Timor Leste.

Namun timnas dinilai dapat memenangi pertandingan asalkan bermain lebih rapi, fokus, dan tajam.

“Jadi pertama, timnas harus bermain lebih tenang terutama pada 15 menit awal. Kemarin saat melawan Timor Leste lemahnya di situ, bermain enggak tenang, enggak percaya diri, hingga sering membuat kesalahan sendiri," kata Kusnaeni di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis.

Dia menambahkan skuad Garuda Muda juga harus bermain lebih percaya diri, jangan sampai terbawa dengan pola permainan Filipina.

Baca juga: Round up - SEA Games dibuka, menatap Asia Tenggara yang lebih kuat

Apabila menang besok, Indonesia masih harus menjalani satu laga penyisihan melawan Myanmar, Minggu (15/5). Dengan dua pertandingan sisa yang penting itu, Kusnaeni menyebut timnas harus bisa belajar dari dua pertandingan sebelumnya agar bisa menaikkan level permainan.

"Jangan pilih lawan, jangan berpikir siapa lawan di semifinal dulu. Pikir dulu saja bisa bermain normal di tiap pertandingannya karena siapapun lawannya nanti, sekarang level permainannya sama semua, Thailand, Singapura, Malaysia semua sama,” ujarnya.

“Jadi tidak usah memilih lawan. Yang terpenting adalah bisa main normal dan lolos (semifinal) terlebih dahulu karena ini kelihatannya tidak akan mudah untuk bisa lolos (hingga final)," katanya lagi.

Timnas U-23 Indonesia saat ini menduduki posisi empat klasemen Grup A dengan koleksi 3 poin hasil dari dua laga. Garuda Muda masih kalah satu poin dari Filipina dan Vietnam yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Posisi teratas ditempati Myanmar dengan 6 poin dari dua laga, sementara posisi juru kunci dihuni Timor Leste dengan 0 poin.

Baca juga: SEA Games 2021 Vietnam resmi dibuka

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar