Artikel

Pegolf Indonesia mulai berburu medali SEA Games Vietnam

Oleh Muhammad Ramdan

Pegolf Indonesia mulai berburu medali SEA Games Vietnam

Pegolf Indonesia Naraajie Emerald Ramadhan Putra melakukan pukulan pada putaran ketiga BNI Indonesian Masters 2019 di Royale Jakarta Golf Club, Jakarta, Sabtu (14/12/2019). Naraajie Emerald Ramadhan Putra pegolf ranking satu Nasional ini menjadi pegolf unggulan Indonesia pada turnamen tersebut. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima pegolf Indonesia bakal memulai perburuan medali untuk nomor perorangan SEA Games Hanoi, Vietnam di Heron Lake Golf Course, Vinh Phuc, Jumat (13/5).

Mereka adalah Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Randy Arbenata Mohamad Bintang, dan Amadeus Christian Sutanto pada sektor putra, serta pegolf putri yakni Ida Ayu Indira Melati Putri dan Holly Victoria Halim.

Dari daftar nama tersebut, hanya Naraajie dan Ayu Indira Melati yang pernah merasakan atmosfer persaingan pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Naraajie tercatat pernah menyumbang medali perunggu saat membela Indonesia pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia pada nomor beregu bersama Almay Rayhan Yagutah, Jonathan Wijono, dan Kevin Caesario Akbar.

Sementara Ida Ayu Indira pernah meraih dua perak pada nomor beregu masing-masing pada SEA Games 2015 di Singapura (bersama Rivani Adelia Sihotang dan Tatiana J. Wijaya) dan 2017 di Kuala Lumpur (bersama Rivani Adelia Sihotang dan Tatiana Jaqueline Wijaya).

Kedua pegolf berpengalaman ini diprediksi menjadi tumpuan Indonesia untuk mendulang medali. Namun tiga pegolf lainnya juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Berdasarkan peringkat dunia (WAGR), Naraajie duduk pada urutan 234 dunia dengan rata-rata poin 665.1325. Dia mengikuti SEA Games Vietnam berbekal dua kemenangan dari lima turnamen yang diikutinya sepanjang 2022.

Naraajie menjadi juara saat berlomba di Indonesia Elite Amateur Invitational #3 pada 23-25 Februari dan Indonesia Elite Amateur Invitational #4 pada 1-2 Maret.

Dalam turnamen terakhir di Australian Men's Amateur Championship (29 Maret-1 April) dia berada pada urutan 21.

Sementara pegolf putra Indonesia lainnya, Randy Arbenata Mohamad Bintang dan Amadeus Christian Sutanto, masing-masing menempati urutan 250 dan 695 dunia.

Pada sektor putri, Ida Ayu Indira yang berpengalaman, menduduki peringkat 499 dunia. Dia juga memiliki bekal penting karena tahun ini menjadi juara pada Indonesia Elite Amateur Invitational #3.

Pada turnamen terakhir di Negeri Kanguru dalam Australian Women's Amateur Championship, dia menempati peringkat ke-15.

Sementara Holly Victoria Halim yang saat ini berperingkat 468 dunia, memiliki bekal juara Indonesia Elite Amateur Invitational #4.

Baca juga: Pengamat sebut timnas Indonesia harus waspadai Filipina

Peta persaingan

Pada nomor perorangan, pegolf Indonesia diprediksi bersaing ketat dengan atlet-atlet Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Thailand memiliki pegolf andal seperti Ratchanon Chantananuwat yang saat ini menempati peringkat enam WAGR dan menjadi yang terbaik di antara pesaing SEA Games Vietnam. Selain itu ada Pongsapak Laopakdee (304), Weerawish Narkprachar (459), Arsit Areephun (770).

Pun demikian dengan Singapura yang memiliki pegolf Ryan Ang (435) dan lainnya. Selain itu ada pegolf-pegolf andalan Malaysia dan Filipina, serta negara lainnya yang siap mengerahkan permainan terbaik mereka.

Pada sektor putri, Jeneath Wong asal Malaysia menjadi pegolf yang memiliki peringkat terbaik pada urutan 62 dunia. Kemudian diikuti Natthakritta Vongtaveelap dari Thailand dengan menempati peringkat 79 dunia.

Namun yang perlu digarisbawahi peringkat tersebut didapat berdasarkan hasil turnamen yang diikuti. Misalnya pegolf Thailand rutin mengikuti turnamen di luar negeri sehingga mempengaruhi poin yang mereka dapat dan berdampak kepada peringkat dunia.

Dengan kata lain, pegolf Indonesia tetap berpeluang  menjadi yang terbaik, meski persiapan dalam jumlah turnamen yang diikuti sebelumnya tidak lebih banyak dari negara peserta lain.

Baca juga: Round up - SEA Games dibuka, menatap Asia Tenggara yang lebih kuat

berikutnya...selalu sumbang medali

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar