Jakarta (ANTARA) - Jimmy Butler mengemas 32 poin saat memimpin Miami Heat melewati Philadelphia 76ers 99-90 dalam Gim 6 semifinal Wilayah Timur NBA di Wells Fargo Center, Pennsylvania, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Hasil itu mengunci kemenangan seri 4-2 bagi Heat sekaligus mengantarkan mereka melangkah ke final Wilayah Timur, menanti pemenang semifinal lain antara Boston Celtics vs Milwaukee Bucks.

Max Strus menambahkan 20 poin dan 11 rebound, P.J. Tucker mencetak 12 poin dan sembilan rebound, sementara Bam Adebayo dan Tyler Herro masing-masing turut menyumbang 10 poin dalam kemenangan Heat kali ini.

Joel Embiid tetap menjadi penampil terbaik Sixers lewat raihan 20 poin dan 12 rebound meskipun ia bermain masih mengenakan topeng medis karena cedera tulang orbita dan melawan rasa sakit atas kerobekan ligamen di jempol tangan kanannya.

Tyrese Maxey juga mencetak 20 poin, Shake Milton memperoleh 15 poin, Tobias Harris 14 poin, dan James Harden 11 poin, tapi itu semua tak cukup menghindarkan Sixers menutup musim lebih awal, demikian catatan situs resmi NBA.

Kuarter pertama ditutup keunggulan tipis 28-25 bagi Heat sebelum Sixers menyajikan perlawanan ketat di periode berikutnya.

Sepanjang kuarter kedua, Heat dan Sixers bergantian memimpin setidaknya enam kali hingga tim tamu menutup paruh pertama dengan skor tipis 49-48 lewat layup Gabe Vincent.

Heat menjauh ditopang rentetan poin 19-4 ditutup sebuah dunk dari Adebayo untuk menciptakan jarak relatif nyaman 68-52 pada sisa waktu empat menit 52 detik.

Upaya Sixers mendekat hanya cukup mengantarkan mereka memangkas jarak menjadi 63-74 saat menutup kuarter ketiga.

Heat kian nyaman di kuarter keempat bahkan menangguk marjin keunggulan terbesar mereka sejauh 20 poin dalam kedudukan 92-72 ketika Butler melesakkan tripoin pada sisa waktu lima menit sembilan detik.

Sixers menjawabnya dengan rentetan poin 11-2 dalam kurun waktu sekira tiga menit dan mendekat 83-94, tapi Heat bisa menjaga ketenangan mereka untuk mengunci kemenangan 99-90 saat bel tanda bubaran berbunyi.

Kekalahan ini membuat Sixers dalam dua dasawarsa terakhir tak pernah bisa melangkah lebih jauh dari semifinal Wilayah Timur sejak terakhir kali mencapai final NBA 2001 dan ditaklukkan Los Angeles Lakers lewat lima gim.


Baca juga: Lakers diizinkan jajaki asisten pelatih Warriors Kenny Atkinson
Baca juga: Desmond Bane sesumbar Grizzlies punya kemampuan lampaui ekspektasi
Baca juga: Bos Memphis Grizzlies menangi anugerah Eksekutif Terbaik NBA 2021-22
Baca juga: Draymond Green "nikmati" atmosfer saat Warriors dilumat Grizzlies

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022