Padang (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) Padang bertekad menjadi fakultas terdepan dalam pengembangan ilmu sosial dan politik di Asia Tenggara.

"Kami memiliki visi menjadi fakultas yang bermartabat dan terkemuka di Asia Tenggara di bidang sosial, politik dan budaya serta berperan aktif dalam membangun bangsa lewat proses pendidikan, penelitian dan pengabdian," kata Dekan FISIP Unand Dr Azwar di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu pada rapat senat terbuka peringatan Dies Natalis FISIP Unand ke-29 pada 13 Mei 2022.

Menurut dia, untuk mewujudkan visi tersebut sudah dituangkan dalam rencana strategis 2020-2024.

Baca juga: Fisip Unand tuan rumah Konferensi Forum Dekan

Baca juga: Unand terima penghargaan pengajuan kekayaan intelektual terbanyak


Untuk mewujudkan fakultas yang siap bersaing di kancah internasional saat ini sudah ada tujuh orang mahasiswa asing yang menuntut ilmu di sini berasal dari China, Madagaskar, Suriname, Thailand dan Sudan.

Azwar memaparkan saat ini FISIP Unand memiliki enam jurusan yang terakreditasi BAN PT yaitu Sosiologi, Antropologi, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Administrasi Publik.

Dari enam jurusan tersebut empat diantaranya sudah memiliki akreditasi A dan tinggal Jurusan Hubungan Internasional dan Administrasi Publik memiliki akreditasi B.

Selain itu saat ini FISIP Unand juga telah membuka prodi magister sosiologi, antropologi, ilmu politik, ilmu komunikasi dan program doktor studi kebijakan.

Kemudian saat ini FISIP Unand memiliki 92 dosen dengan perincian 34 orang atau 37 persen bergelar doktor, 58 orang atau 63 persen magister.

"Dari 58 orang tersebut saat ini 18 orang juga sedang menempuh studi S3 dan empat orang sudah menyandang gelar guru besar," kata dia.

Ia menyampaikan pada 2022 FISIP Unand akan menambah dua guru besar lagi.

Untuk pencapaian akademik minat calon mahasiswa untuk kuliah di FISIP Unand cukup tinggi terutama jurusan Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Administrasi Publik dengan peminat di atas 1.000 orang.

Sedangkan untuk pencapaian prestasi akademik pada 2022 terdapat dua dosen yang meraih penghargaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yaitu Prodf Afrizal selaku dosen berprestasi di bidang publikasi dan Yesi Puspita sebagai dosen dengan prestasi HAKI terbanyak.

Terkait sarana penunjang perkuliahan saat ini terdapat laboratorium pembelajaran, televisi dan radio.

Sementara Wakil Rektor Unand Prof Mansyurdin mengucapkan selamat atas Dies Natalis FISIP ke 29.

Ia mendorong peningkatan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu lewat peningkatan kualitas kurikulum yang relevan.*

Baca juga: Hari Kartini, 12 guru besar perempuan Unand terbitkan buku

Baca juga: Fakultas Ilmu Budaya Unand luncurkan 40 buku pada Dies Natalis ke-40

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022