Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebutkan jumlah  pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari area Daop 1 Jakarta kembali meningkat menjelang libur besar nasional.

"Pada hari ini Jumat 13 Mei 2022 secara total terdapat 31.200 pengguna KAJJ yang berangkat," kata Kepala Humas PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Eva mengatakan dari 31.200 tersebut sekitar 13.000 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir atau 76 persen dari total kursi  yang tersedia dengan layanan 35 KA yang beroperasi. Adapun 15.500 pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau 72 persen dari total kursi  yang tersedia dengan layanan 29 KA yang beroperasi

"Sementara yang lainnya merupakan pengguna yang berangkat dari Stasiun Bekasi, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek," katanya.

Ia menyampaikan relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Solo, Kutoarjo, Kebumen, Semarang, Tegal, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Daop 1 Jakarta kembali mengingatkan pengguna KAJJ yang akan berangkat agar memperhatikan kembali persyaratan perjalanan KA untuk menghindari resiko batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan.

Baca juga: Maksimalkan mudik, warga pilih tambah izin libur dari kantor

Berikut persyaratan lengkap perjalanan dengan KA yang berlaku sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022:

1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening COVID-19
2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam
3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam
4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam
5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.
6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Bagi calon penumpang yang baru akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access.

Lebih lanjut Eva mengatakan untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata volume kedatangan pada masa pandemi. Secara total untuk hari ini terdapat sekitar 31 ribu pengguna yang akan turun di Area Daop 1 Jakarta.

Dari jumlah tersebut sebanyak 13.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 15.300 di Pasar Senen, 1.600 di Bekasi dan sisanya merupakan penumpang turun di Stasiun lain seperti Jakarta Kota, Jatinegara, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Volume penumpang datang tertinggi terjadi pada 5- 9 Mei dimana pada kurun tanggal tersebut rata-rata perhari terdapat sekitar 40 ribu penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta.

Baca juga: Volume keberangkatan KA masih tinggi saat arus balik Lebaran 2022

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022