Jakarta (ANTARA) - Dallas Mavericks memaksa Gim 7 semifinal Wilayah Barat NBA dimainkan setelah memukul Phoenix Suns 113-86 dalam Gim 6 di American Airlines Center, Texas, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Luka Doncic menorehkan 33 poin, 11 rebound, dan delapan assist untuk memimpin Mavericks dalam kemenangan yang membuat seri kini berkedudukan imbang 3-3.

Reggie Bullock menambahkan 19 poin, Jalen Brunson memperoleh 18 poin, dan Spencer Dinwiddie turut menyumbang 15 poin dari bangku cadangan.

Baca juga: Jimmy Butler pimpin Heat lewati Sixers menuju final Wilayah Timur

Selain lebih superior dalam konversi tembakan terbuka berupa 45,5 persen berbanding 39,7 persen serta 41 persen dari luar busur dibandingkan 33,3 persen, Mavericks juga sukses membatasi penampilan duo bintang Suns Devin Booker dan Chris Paul sebagai kunci kemenangan mereka.

Deandre Ayton jadi pendulang angka terbanyak Suns lewat 21 poin serta 11 rebound, sedangkan Booker hanya mencetak 19 poin dan Paul cuma memperoleh 13 poin, demikian catatan situs resmi NBA.

Suns sempat mengendalikan ritme dan memimpin hingga separuh awal kuarter pertama, tetapi Mavericks mampu menutup periode itu dengan keunggulan 28-25 atas tamunya.

Mavericks perlahan-lahan menciptakan jarak dari Suns hingga unggul sejauh 60-45 kala menyudahi paruh pertama, antara lain berkat rentetan poin 19-4 yang sempat didulang dalam separuh akhir kuarter kedua.

Baca juga: Bos Memphis Grizzlies menangi anugerah Eksekutif Terbaik NBA 2021-22

Tampil di hadapan publik sendiri tampaknya menyuntik dosis kepercayaan diri yang besar bagi Mavericks yang terus melaju dan mendulang 34 poin tambahan di kuarter ketiga demi memantapkan keunggulan 94-72.

Kesempatan terakhir Suns mengejar ketertinggalan di kuarter keempat hanya bisa membuat mereka sedekat 16 poin dalam kedudukan 84-100 setelah Paul melesakkan tripoin pada sisa wakru lima menit 26 detik.

Namun jarak yang jauh mampu dipertahankan Mavericks bahkan kian lebar saat mengunci kemenangan menjadi 113-86 demi memakskan Gim 7 dimainkan.

Gim 7 dijadwalkan berlangsung di Footprint Center, Arizona, pada Minggu (15/5) waktu setempat, dan apabila tren seri ini berlanjut di mana tuan rumah selalu menang, Suns jelas punya kans lebih besar melaju dibandingkan Mavericks.

Baca juga: Draymond Green "nikmati" atmosfer saat Warriors dilumat Grizzlies

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022