Kami berharap dengan terjalinnya kerja sama antara Unhas dan Pemprov Kaltara bisa memberikan suatu dorongan untuk lebih giat dalam membangun Kaltara dalam menghasilkan SDM unggul
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyepakati kerja sama dalam bidang pengembangan tri darma perguruan tinggi.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dalam keterangannya di Makassar, Jumat, menyampaikan terima kasih atas keterbukaan Unhas dalam menjalin kerja sama dengan Pemprov Kaltara sebagai daerah otonom baru.

Pemprov Kaltara menaruh harapan besar bagi pertumbuhan dan pengembangan wilayah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kami berharap dengan terjalinnya kerja sama antara Unhas dan Pemprov Kaltara bisa memberikan suatu dorongan untuk lebih giat dalam membangun Kaltara dalam menghasilkan SDM unggul,” jelasnya.

Baca juga: Kementan dukung Unhas jadi pusat pengembangan sagu

Zainal Arifin menuturkan, dalam membangun SDM unggul tersebut, Pemprov Kaltara memiliki fokus prioritas pada sektor pendidikan dan kesehatan demi mewujudkan visi misi untuk harapan masyarakat yang maju dan sejahtera.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc menuturkan Kaltara sebagai wilayah strategis memiliki banyak sektor yang dapat dikembangkan melalui potensi daerah yang akan dijalankan dalam kerja sama pengembangan tri darma perguruan tinggi.

“Pertemuan ini adalah bentuk keseriusan kita bersama, banyak peluang kerja sama yang akan kita jalankan, utamanya bagi pengembangan SDM, karena perkembangan suatu wilayah sangat ditentukan oleh kekuatan SDM-nya,” jelas Prof JJ.

Baca juga: Pakar Universitas Chicago paparkan bahaya kanker payudara di Unhas

Lebih lanjut, Prof JJ menambahkan Unhas siap untuk menentukan langkah strategis bersama tim yang akan dibentuk untuk memberikan solusi dengan menghadirkan berbagai program inovatif dan produktif dalam pengembangan tri darma.

Selain Pemprov Kaltara, Unhas juga menjalin kerja sama pengembangan tri darma perguruan tinggi dengan Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Parepare.

Prof JJ juga menekankan pentingnya kualitas SDM yang perlu dipersiapkan sekaligus mampu menjangkau lapisan masyarakat bukan hanya untuk wilayah Parepare atau Sulsel. Akan tetapi, mencakup wilayah Indonesia secara menyeluruh.

"Unhas tidak menganggap ITH sebagai saingan. Akan tetapi, lebih kepada tanggung jawab agar ITH bisa berkembang lebih cepat melalui strategi yang dipikirkan bersama. ITH juga perlu menjangkau masyarakat secara luas," ujarnya.

Baca juga: Unhas antisipasi kendala jaringan internet saat UTBK-SBMPTN

Baca juga: Prof Jamaluddin Jompa resmi jabat Rektor Unhas 2022-2026


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022