Bangkok (ANTARA) - Timnas bulu tangkis Indonesia di Piala Thomas 2022 tidak mengubah susunan pemain saat menghadapi Jepang di babak semifinal, dengan partai tunggal pertama akan dilakoni Anthony Sinisuka Ginting melawan Kento Momota, Jumat.

Menyikapi persiapannya menghadapi Jepang, Ginting mengaku akan mendiskusikan dengan pelatih dan berusaha tidak mengulangi kesalahan seperti di laga perempat final melawan China.

"Lihat besok saja ya, karena walaupun tadi sudah agak baik tapi menurut saya belum kembali ke (performa) penuh. Masih sempat tertinggal jauh juga di gim kedua," kata Ginting saat ditemui setelah pertandingan hari Kamis.

Laga antara Ginting dan atlet peringkat dua dunia menjadi sesi yang paling dinantikan para penggemar bulu tangkis, mengingat keduanya terakhir kali bertemu di BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou, China.

Ginting, peringkat kelima, telah mencatatkan empat kemenangan dari 15 pertemuannya dengan Momota selama ini. Meski inferior secara statistik, namun Ginting menjadi salah satu pemain yang mampu mengimbangi teknik permainan Momota sehingga pertandingan keduanya begitu dinantikan.

Baca juga: Pelatih kagum dengan performa Ginting dan Ahsan/Kevin yang makin baik

Bahkan oleh kalangan penggemar bulu tangkis di Tanah Air, laga antara Ginting dan Momota kerap disebut sebagai MomoGi.

Ganda putra Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo untuk ketiga kalinya akan bermain, dan kali ini akan menghadapi Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Pada partai tunggal kedua, Jonatan Christie yang pada Kamis malam membawa Indonesia keluar dari perempat final, akan bertemu peringkat ke-20 Kenta Nishimoto.

Berdasarkan catatan BWF, Jonatan sejauh ini unggul 6-4 dari pertemuannya dengan Nishimoto. Namun pada pertemuan terakhir di Kejuaraan Asia 2019, Nishimoto mengemas kemenangan rubber game atas Jonatan.

Baca juga: Jonatan jadi penentu nasib Indonesia ke semifinal Piala Thomas 2022

Partai ganda kedua, giliran Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertemu pasangan baru Akira Koga/Yuta Watanabe. Watanabe yang sebelumnya berpasangan dengan Hiroyuki Endo, dikenal sebagai pemain dengan pertahanan sangat rapat dan power yang baik.

Baik di nomor ganda putra dan ganda campuran, berpasangan dengan Arisa Higashino, Watanabe dikenal sebagai lawan yang sangat sulit ditaklukkan.

Pada partai terakhir juga akan diisi oleh pertemuan perdana antara Shesar Hiren Rhustavito dan Kodai Naraoka, peringkat ke-48.

Baca juga: Pasangan Ahsan/Kevin gandakan keunggulan Indonesia 2-0 atas China

Berikut susunan pemain Indonesia vs Jepang di semifinal Piala Thomas 2022:
1. Tunggal putra
Anthony Sinisuka Ginting vs Kento Momota

2. Ganda putra
Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

3. Tunggal putra
Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto

4. Ganda putra
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Akira Koga/Yuta Watanabe

5. Tunggal putra
Shesar Hiren Rhustavito vs Kodai Naraoka.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022