Jakarta (ANTARA) - Motto atau slogan "For A Stronger Southeast Asia" atau "demi Asia Tenggara yang lebih kuat" sepertinya tak cuma diunjukkan oleh Vietnam untuk SEA Games ke-31 yang baru saja dibuka 12 Mei kemarin. Sebaliknya melewati spektrum olahraga dan tujuan-tujuan kompetisi olahraga se-Asia Tenggara itu.

Kesan itu makin kuat kala menyimak lagu tema "Let's Shines" yang menyenandungkan aspirasi Asia Tenggara lebih kuat tersebut.

Lagu yang digubah komposer Huy Tuan ini mengisahkan orang-orang yang lahir dengan tujuan sama mencapai puncak dan melalui segala kesulitan dengan semangat dan usaha luar biasa yang dibalut oleh persahabatan.

Ajakan meninggikan persahabatan ini sendiri kencang digaungkan dalam seremoni pembukaan SEA Games 2021 sehari lalu.

Vietnam berusaha menggugah Asia Tenggara yang berbeda tajam satu sama lain dalam orientasi politik tetapi berada di kawasan sama dan diikat oleh asal jejak sejarah dan sosial yang kuat jauh sebelum kolonialisme mencapai kawasan ini, agar terus menguatkan solidaritas karena inilah yang bisa terus menguatkan Asia Tenggara.

Vietnam, dan semua negara Asia Tenggara, termasuk Timor Leste yang bukan anggota Persatuan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), menyadari solidaritas dan persahabatan adalah pengikat terkuat.

Dua aspek itu sendiri senantiasa mendominasi pertemuan-pertemuan multidimensi baik dalam kerangka bilateral maupun ASEAN, selain juga SEA Games.

Vietnam memang berambisi mengulangi sukses SEA Games 2003 ketika mereka pertama kali menjadi tuan rumah SEA Games untuk kemudian menjuarainya.

Tapi Vietnam yang bersatu baru mengikuti SEA Games 1989 di Kuala Lumpur, Malaysia, atau 13 tahun setelah Vietnam Selatan dan Utara bergabung menjadi Republik Sosialis Vietnam pada 2 Juli 1976.

Unifikasi ini sendiri terjadi setahun setelah Perang Vietnam berakhir di mana Vietnam Utara yang komunis memenangkan perang melawan Vietnam Selatan yang disokong adidaya Amerika Serikat.

Sejak 1959 sampai 1973, adalah Vietnam Selatan yang selalu mewakili negara di sepanjang pesisir timur Indo China ini dalam setiap SEA Games, termasuk kala masih bernama South East Asian Peninsular (SEAP) Games.

Baca juga: Teknologi modern dan seni tradisional hiasi pembukaan SEA Games 2021
Baca juga: SEA Games 2021 Vietnam resmi dibuka

Selanjutnya : Lebih sekadar medali

Copyright © ANTARA 2022