Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pondok Pesantren Ploso Jawa Timur KH Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) menyambangi Jawa Barat dalam rangka pra kondisi untuk membentuk organisasi Gerakan Nahdliyin Bersatu (GNB).
 
"Selama kurang lebih tiga jam tadi banyak hal yang dibahas, salah satunya rencana pembentukan Gerakan Nahdliyin Bersatu di Jawa Barat." kata Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda dalam keterangannya diterima di Jakarta Jumat.
 
Selain itu, Huda yang juga Ketua Komisi X DPR RI mengungkapkan kedatangan Gus Kautsar juga untuk bersilaturahmi ke kyai dan ajengan anom.
 
"Kedatangan beliau selain silaturahmi bersama para kyai dan Ajengan Anom Jawa Barat," kata dia.

Baca juga: Ketum PBNU: Bangun strategi mentransformasikan pola pikir umat
 
Kedatangan Gus Kautsar, kata dia, juga meneguhkan pentingnya politik melalui wadah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang keberadaannya didirikan oleh para ulama Nahdlatul Ulama.
 
Seperti di ketahui bahwa Gus Kautsar tengah gencar mengkonsolidasikan organisasi Gerakan Nahdliyin Bersatu (GNB) dalam rangka mengusung Ketua Umum PKB Gus Muhaimin menjadi presiden 2024.
 
Syaiful Huda mengaku bahagia telah dikunjungi Kiai Muda Gus Kaustar yang merupakan putra dari KH Nurul Huda Jazuli Pimpinan Ponpes Al Falah, Ploso Kediri Jawa Timur.
 
Sebelumnya Tokoh muda NU yang juga Koordinator Nasional Nahdliyin Bersatu KH Abdurrahman Al Kautsar turut mengomentari terkait fenomena politik 2024. Menurut pria yang akrab disapa Gus Kautsar itu biasanya memang calon yang ingin maju presiden akan mendekati NU.

"Siapapun capres, dari golongan manapun, tidak ada yang tidak butuh NU," katanya.

Baca juga: PBNU: Jangan larut dalam opini menyudutkan Bendahara Umum PBNU
 
Dia menyatakan jangan sampai ada figur calon yang tiba-tiba mengaku masuk NU. Sehingga, menurutnya penting para kiai dan tokoh bersatu, merapatkan barisan untuk menjadikan kader asli NU sebagai pemimpin.
 
Gus Kautsar menyampaikan hal itu saat sambutan dalam acara deklarasi dukungan Gus Muhaimin Presiden 2024 oleh Gerakan Nahdliyin Bersatu
 
Gus Kautsar menyebutkan saat ini terdapat kader tulen NU yang juga punya potensi maju Pilpres 2024 yaitu Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin
 
"Mohon dipangestoni (direstui) semoga maslahat direstui Allah SWT,” ujarnya.

Baca juga: Asosiasi Pesantren NU DKI: Habib Mundzir wariskan cara dakwah lembut

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022