Jakarta (ANTARA) - Phoenix Suns memang meninggalkan kandang Dallas Mavericks dengan kekalahan 86-113 dalam Gim 6 semifinal Wilayah Barat NBA, tapi Devin Booker membawa sedikit gairah positif dari American Airlines Center, Texas, Kamis (12/5) waktu setempat.

Pasalnya hasil itu membuat seri semifinal Barat kini berkedudukan 3-3 dan memaksa Gim 7 untuk dimainkan, yang akan menandai Gim 7 perdana Booker sepanjang kariernya.

"Itu (Gim 7) adalah dua kata paling luar biasa dalam olahraga," kata Booker selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Jumat.

Baca juga: Mavericks paksa Gim 7 dimainkan setelah pukul Suns 113-86

"Saya tak sabar merasakan energinya, menjadi bagian di dalamnya. Itu akan menjadi kesempatan besar," ujarnya menambahkan.

Meski karier Booker sudah terbilang gemilang secara catatan individual sejak direkrut Suns sebagai pilihan ke-13 NBA Draft 2015, ia baru bisa mencicipi atmosfer playoff pada musim lalu ketika bintang gaek Chris Paul merapat dari Oklahoma City Thunder.

Wajar jika Booker baru akan menjalani debut Gim 7-nya menghadapi Mavericks nanti, terlebih musim lalu Suns paling banyak hanya memainkan enam pertandingan di tiap seri termasuk saat harus menunda mimpi juara karena dikalahkan Milwaukee Bucks di partai final.

Baca juga: Luka Doncic dapat bantuan signifikan antar Mavericks bekuk Suns 103-94

Booker tentunya harus menjadikan Gim 7 perdananya itu dengan membayar kegagalannya mengeluarkan diri dari kinerja pertahanan gemilang Mavericks di Gim 6.

Booker hanya diizinkan mencetak 19 poin dan sama sekali gagal mengonversi satu pun empat percobaan luar busur yang dilancarkannya.

Bukan hanya Booker, Mavericks juga mujarab meredam Paul yang cuma mampu mencapai 13 poin.

Tak seperti Booker yang berusaha optimistis menatap Gim 7, pelatih kepala Suns Monty Williams mendapati sederet evaluasi atas penampilan buruk timnya di Gim 6.

Di pertandingan tersebut, mereka hanya mampu mengonversi 40 persen percobaan terbuka yang merupakan titik terendah Suns dalam gim playoff.

Baca juga: Suns rebut gim kelima untuk ungguli Mavericks 3-2

Ditambah lagi, Suns tercatat 22 kali kehilangan bola atau melakukan turnover, jumlah terburuk sepanjang musim ini.

"Saya tidak punya banyak waktu untuk membicarakan semua hal yang membuat jengkel," kata Williams.

"Saya pikir kami tidak betul-betul memahami betapa lawan akan bermain dengan pertaruhan habis-habisan. Sandingkan itu dengan jumlah turnover kami malam ini, sungguh jadi resep mujarab untuk hasil ini," ujar peraih penghargaan Pelatih Terbaik NBA 2021-22 tersebut.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022