Saya berharap AO-AO yang lulusan SMA bisa terus meningkatkan kapabilitas karena ingat, masa depan Indonesia ada di generasi muda, ada di kalian semua
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir memotivasi para petugas bidang account officer (AO) PNM Mekaar yang mayoritas merupakan generasi muda untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas.

"Saya berharap AO-AO yang lulusan SMA bisa terus meningkatkan kapabilitas karena ingat, masa depan Indonesia ada di generasi muda, ada di kalian semua," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menteri BUMN menyapa sekitar 700 AO PNM Mekaar wilayah Majalengka, Jawa Barat yang begitu bersemangat menyambut kehadirannya dalam acara halal bihalal.

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir begitu terkesan saat mendengar perjalanan hidup seorang AO Mekaar yang bernama Casrini. Perempuan yang menjadi AO terbaik se-Majalengka itu mengaku awalnya ingin melanjutkan kuliah setelah lulus SMA. Terlebih, Casrini mendapatkan beasiswa di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB).

Ikhtiar Casrini mendapatkan pekerjaan pun tak mudah. Sempat memasukkan lamaran ke sejumlah perusahaan di Majalengka hingga Cikarang, namun tak kunjung mendapat jawaban. Saat merasa sudah pasrah, semangat Casrini kembali menyala tatkala sebuah perusahaan ternama menghubunginya untuk tes wawancara di Cikarang.

Tapi Tuhan berencana lain, Casrini dan ibu kecelakaan saat seminggu lagi mau wawancara ke Cikarang, ibu tangan kanannya patah dan Casrini pun tidak bisa melanjutkan wawancara di Cikarang.

Casrini pun mengaku telah menerima kenyataan untuk tak pergi merantau. Ia memilih merawat sang ibu. Saat mendapat kesempatan menjadi AO Mekaar tidak sedikit pun ia sia-siakan. Casrini tak hanya membantu ibu-ibu nasabah Mekaar dalam meningkatkan kualitas usahanya, melainkan juga membantu perekonomian keluarganya.

Erick Thohir mengaku tersentuh dengan perjalanan Casrini dalam membantu perekonomian keluarganya, meski harus memupus mimpinya untuk kuliah. Sebagai apresiasi, Erick akan mewujudkan mimpi Casrini yang sempat terhenti.

"Masih mau kuliah? kuliah ya, nanti diatur ke saya ya Pak Dirut (PT PNM). Tapi nanti kalau kuliah mesti yang daring, UT negeri ya supaya tetap bisa sambil kerja dan tinggalnya tetap di rumah," kata Erick Thohir.

Baca juga: Erick Thohir: Nasabah PNM Mekaar buka lapangan kerja pada masa pandemi
Baca juga: Bank DKI targetkan KUR untuk UMKM Rp1 triliun
Baca juga: PT PNM targetkan bangun 100 Kampung Madani pada 2022

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022