Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Phil Mickelson memutuskan untuk absen dalam turnamen mayor PGA Championship 2022 yang dijadwalkan bergulir di Southern Hills Country Club, Tulsa, Oklahoma, 19-22 Mei.

Dilansir laman resmi PGA Tour, Sabtu, pengumuman ini disampaikan pihak penyelenggara melalui akun resmi Twitter PGA Championship.

"Kami baru saja diberitahu bahwa Phil Mickelson telah mengundurkan diri dari Kejuaraan PGA. Phil adalah juara bertahan dan saat ini memenuhi syarat untuk menjadi anggota PGA Life dan kami akan menyambutnya untuk berpartisipasi," kata pihak penyelenggara PGA Championship 2022 dalam penyataan resminya.

Mickelson adalah pegolf asal Amerika Serikat (AS) yang telah mengoleksi 45 gelar PGA Tour dan enam di antaranya adalah titel mayor. Dalam ajang PGA Championship, dia telah meraih dua gelar masing-masing pada 2005 dan tahun lalu.

Baca juga: PGA Tour larang pegolf ikuti turnamen dukungan Saudi

Untuk titel PGA Championship 2021, dia meraihnya usai membukukan 282 pukulan atau enam di bawah par. Phil Mickelson mengalahkan Brooks Koepka (AS) dan Louis Oosthuizen (Afrika Selatan) yang berbagi tempat di posisi kedua dengan 284 (-4).

Dalam tiga bulan terakhir, Mickelson tidak bermain secara kompetitif. Bahkan bulan lalu, dia juga melewatkan Masters Tournament untuk kali pertama dalam hampir tiga dekade, setelah dikeluarkan dari daftar pegolf aktif turnamen. Dia secara resmi terdaftar sebagai "juara masa lalu yang tidak bermain" di situs web Masters Tournament.

Pada Februari lalu, dia mengatakan istirahat dari olahraga golf setelah kontroversi terjadi atas komentarnya tentang pemerintah Arab Saudi, yang mendanai Saudi Golf League yang digawangi Greg Norman.

Sponsor lama Mickelson, KPMG, juga mengatakan pada Februari, tidak akan lagi bermitra dengan pegolf 51 tahun tersebut.

Baca juga: Giliran Bandung tuan rumah turnamen Golfin Series 2022
Baca juga: Pegolf Amadeus Susanto awali SEA Games 2021 di posisi tiga klasemen

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022