untuk mengatasi banjir di wilayah tersebut
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur mulai membangun saluran keluar (outlet) Waduk Cawang di RW 01 Cawang, Kramat Jati, Jumat kemarin.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan pembangunan waduk itu untuk mengatasi banjir di wilayah tersebut.

"Panjang outlet yang dibangun mencapai 87 meter, menggunakan beton U Ditch ukuran 1,2x1,2 meter. Titiknya dari Waduk Cawang menuju Kali alam di lingkungan sekitar," kata Tengku Saugi Zikri di Jakarta, Sabtu.

Saugi menambahkan sebanyak satu unit alat berat jenis wheel excavator mini dikerahkan di lokasi untuk pengerukan lahan.

Sebelumnya pada Rabu lalu pihak SDA juga susah melakukan pematokan lahan yang akan dijadikan outlet saluran air dari Waduk Cawang menuju Kali Ciliwung.

"Kali alam ini kita bentuk lagi agar berfungsi maksimal. Yakni dibuat saluran air baru lagi menggunakan batu kali. Sehingga outlet dan saluran air baru ini menyatu , dialirkan ke Kali Ciliwung," ujar Saugi.

Dia mengatakan panjang kali alam yang diperbaiki menjadi rintisan saluran air baru ini mencapai 50 meter hingga ujungnya sampai ke Ciliwung. Nantinya saluran air ini dibuat menggunakan batu kali dengan lebar dua meter dan tinggi, 1,5 meter.

"Nantinya akan ditambah satu unit alat berat lagi untuk percepatan pekerjaan. Targetnya dalam waktu sekitar dua bulan proyek  saluran air ini akan rampung," tutur Saugi.
Baca juga: Pemkot Jaktim patok lahan untuk pembuatan Waduk Cawang
Baca juga: Ciliwung meluap, permukiman warga di Kebon Pala kebanjiran
Baca juga: Tinggi air 130 cm, Bendung Katulampa ingatkan siaga 3 banjir Jakarta

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022