Hollywood (ANTARA News) - Bagi penggemar film, jutaan dolar yang dibayarkan kepada Kristen Stewart dan Robert Pattinson untuk membintangi beberapa film kelihatannya banyak sekali, tapi bagi produser franchise film "Twilight", bayaran mereka itu tergolong murah.

Jejaring finansial Forbes.com, Selasa (6/12), memposting peringkat bintang-bintang film Hollywood yang memberi studio keuntungan lebih besar dibandingkan dengan bayaran sang bintang. Barangkali hal biasa bagi aktor-aktor papan untuk membintangi film Hollywood yang mengantungi ratusan juta dolar AS di box office.

Kristen Stewart, yang memerankan Bella Swan dalam "Twilight" --yang mengisahkan Bella jatuh cinta pada vampir Edward Cullen, berada di peringkat Nomor 1 pada daftar "Hollywood`s Best Actors for the Buck", setelah cuma dibayar satu dolar AS untuk setiap 55,83 dolar AS yang dia hasilkan untuk produser filmnya.

Pattison yang memerankan Cullen berada di pringkat 3 dengan menghasilkan 39,43 dolar AS untuk setiap satu dolar AS yang parkir ke kantongnya.

Film terakhir pasangan tersebut, "Twilight Saga: Breaking Dawn - Part 1" telah mengantungi 589 juta dolar AS di box office global sejak peluncurannya November yang baru lalu.

Tapi jika pasangan itu dikeluarkan dari franchise blockbuster seperti "Twilight", dan performa keuangan berubah dramatis. Itulah sebabnya rata-rata penghasilan Robert Pattinson lebih kecil dibandingkan dengan penghasilan Kristen Stewart.

Untuk memenuhi kualifikasi daftar tersebut, para aktor harus telah membintangi tiga film besar selama lima tahun terakhir, dan semua film yang diluncurkan setelah 1 Mei tahun ini tak dihitung, jadi "Twilight" yang paling akhir tak termasuk. Tapi semua film sebelumnya, yang sama berhasilnya, memang termasuk daftar itu.

Forbes.com meneliti imbalan masing-masing bintang di tiga film terakhir mereka dan pendapatan operasional semua film itu, demikian laporan Reuters.

Media finansial tersebut kemudian membagi jumlah pendapatan operasional dengan ganti rugi dan jumlah rata-rata bagi ketiga film itu.

Robert Pattinson memiliki angka lebih rendah sebab sedemian sibuk, lapor Forbes.com. Ia terlibat dalam penggarapan drama "Water for Elephants" dan "Remember Me", namun tak satu pun dari kedua film itu berjaya di box office.

Kristen (21) baru saja tampil di film gemilang dalam box office, "The Runways", di antara film paling laris "Twilight". Forbes.com tak memasukkan film animasi.

Yang berada di antara pasangan kekasih "Twilight" itu adalah aktris Anne Hathaway, yang memberi studio film 45,67 dolar AS untuk setiap satu dolar AS yang dibayarkan kepadanya dalam berrbagai film termasuk "Alice in Wonderland" dan Bride Wars".

Bintang "Harry Potter" Daniel Radcliffe berada di urutan keempat, sementara bintang utama "Transformer" Shia LaBeouf menempati posisi nomor 5.(*)

C003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011