Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menargetkan setiap desa memiliki sekolah atau tempat pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkualitas untuk membekali anak-anak mempersiapkan diri menempuh jenjang pendidikan lanjutan.

"Idealnya setiap desa ada tempat pendidikan anak usia dini, karena lembaga pendidikan itu praktis sebagai pengenalan awal pendidikan bagi masyarakat," kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya, di Palembang, Sabtu.

Baca juga: Himpaudi Sumsel dorong guru PAUD tingkatkan kualitas

Dia menjelaskan, secara keseluruhan jumlah sekolah atau tempat pendidikan anak usia dini di provinsi ini cukup banyak lebih dari 3.000 unit, namun penyebarannya belum merata karena mayoritas berada di kota.

"Untuk itu diupayakan pemerataan ke setiap desa, jika setiap desa memiliki tempat pendidikan usia dini diharapkan kualitas sumber daya manusia akan semakin baik," katanya.

Baca juga: Kepala desa komitmen perkuat PAUD di desa

Untuk mewujudkan target setiap desa memiliki sekolah PAUD, pihaknya terus mendorong program pembangunan di pelosok desa.

Program yang dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir yakni membangun sekolah pendidikan anak usia dini rintisan di desa pelosok.

Baca juga: Kemendes: Peningkatan pendidikan di desa tergantung pemahaman kades

"Pembangunan pendidikan anak usia dini rintisan tersebut dikawal tim Dinas Pendidikan Sumsel dengan melibatkan pemuda desa setempat sebagai tenaga pengajar atau pengasuhnya," ujar Wagub Mawardi.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022