Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi para buruh Indonesia yang mampu melaksanakan "May Day Fiesta" di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta secara damai.

"Hari ini bisa ditunjukkan, buruh dalam jumlah besar dapat berkumpul di acara yang khidmat, damai, dan menggembirakan. Ini juga menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi yang sudah modern," kata Sigit dalam pidato singkat  pada acara May Day Fiesta di Stadion GBK, Jakarta, Sabtu.

Ia pun mendorong para buruh senantiasa melaksanakan kegiatan penyaluran aspirasi yang sesuai dengan amanat konstitusi dan undang-undang.

Ke depan, lanjut Sigit, pihaknya berkomitmen untuk terus mengawal dan menjaga para buruh saat memanfaatkan ruang demokrasi demi menyampaikan aspirasi bagi kesejahteraan kaum buruh di masa mendatang agar sesuai dengan aturan konstitusi serta undang-undang.

Di samping itu, dia juga mengapresiasi peran para buruh dalam penanggulangan pandemi COVID-19.

"Kami mengucapkan apresiasi dan kehormatan setinggi-tingginya kepada seluruh rekan buruh yang telah berjuang bersama elemen bangsa lainnya dalam menghadapi pandemi COVID-19 kurang lebih 2 tahun ini," kata dia.

Sigit menyampaikan perjuangan itu dilakukan oleh para buruh melalui berbagai macam upaya, seperti mengikuti protokol kesehatan, mematuhi aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), dan terlibat langsung dalam kegiatan vaksinasi serta pembagian sembako demi kepentingan masyarakat.

"Alhamdulillah, hari ini laju vaksinasi kita telah mencapai 408 juta vaksin dan Indonesia menjadi negara kelima terbesar yang telah memberikan vaksinasi kepada masyarakatnya. Ini semua bisa terjadi berkat kontribusi rekan-rekan buruh se-Indonesia," ujar Sigit.

Kemudian, Kapolri mengucapkan selamat ulang tahun bagi seluruh buruh di Tanah Air, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2022.

"Saya ucapkan selamat ulang tahun bagi seluruh rekan buruh. Teruslah berjuang dan bergerak untuk mencapai harapan, yakni mewujudkan buruh yang sejahtera," ucap Sigit.

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan kegiatan May Day Fiesta diikuti sekitar 50 ribu orang.

"Hari ini, kami melakukan May Day Fiesta. Ada sekitar 50 ribu buruh (yang berpartisipasi). Berkat bantuan Sekretariat Negara dan Kepolisian RI, kami bisa menggunakan GBK dengan persyaratan menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Massa buruh itu, lanjutnya, berasal dari buruh tani, nelayan, pembantu rumah tangga, tenaga honorer, warga miskin kota atau desa, ibu rumah tangga, ojek online (ojol), dan kelas pekerja lainnya.

Baca juga: Massa buruh suarakan 18 tuntutan di DPR dan GBK pada 14 Mei 2022
Baca juga: KSP: Presiden Jokowi berkomitmen berikan jaminan sosial bagi pekerja

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022