Dua titik panas terpantau di Sumatera Utara

Dua titik panas terpantau di Sumatera Utara

Ilustrasi - Petugas Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan dua titik panas yang terpantau di Sumatera Utara. ANTARA FOTO/Rahmad/foc.

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau adanya dua titik panas atau hot spot di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza, Sabtu, mengatakan, kedua titik panas tersebut terpantau berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20.

"Kedua titik panas terpantau di Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang lawas Utara dan di Kecamatan Sopoholon Kabupaten Tapanuli Utara," katanya.

Sementara terkait cuaca di Sumut diperkirakan siang berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Asahan, Karo, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Medan, Deli Serdang, Langkat, Serdang Bedagai, Batubara, P. Siantar, T. Tinggi, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar Sumatera Utara dan hujan Lebat di Langkat, Karo, Dairi, Deli Serdang, dan sekitarnya. Dini hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar Sumatera Utara.

Suhu udara 17.0-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Terkait kondisi tersebut masyarakat diminta agar waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir di Lereng Timur dan Pegunungan Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Muncul 18 titik panas di Sumatera Utara
Baca juga: BMKG: Tujuh titik panas muncul di wilayah NTT

Pewarta: Juraidi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sepekan ke depan hujan ekstrem berpotensi terjadi di Kalteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar