Jakarta (ANTARA) - Bintang Golden State Warriors Klay Thompson serasa di awang-awang setelah timya mencapai final Wilayah Barat NBA dengan menyingkirkan Memphis Grizzlies.

Warriors lolos dengan kemenangan seri 4-2 seusai menundukkan Grizzlies 110-96 dalam Gim 6 semifinal Barat di Chase Center, Jumat (13/5) waktu setempat.

Thompson, yang sempat menepi sekira dua setengah tahun lamanya karena cedera kerobekan ligamen anterior (ACL) lutut kiri dan operasi kerobekan tendon Achilles kanan, mendulang 30 poin dalam kemenangan Gim 6 tersebut.

"Sejujurnya, dengan perspektif yang saya dapat dari cedera dan sekarang bisa bersaing di level tertinggi menjadi salah satu empat terakhir di liga musim ini, sungguh perasaan yang sulit dijelaskan," kata Thompson selepas pertandingan dikutip situs resmi NBA, Sabtu.

"Sungguh luar biasa dan itu semua menginspirasi saya untuk terus maju sebab saya pikir kami masih memiliki permainan luar biasa di depan mata," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Warriors ke final Wilayah Barat seusai sisihkan Grizzlies lewat Gim 6

Di playoff musim ini, Thompson membukukan rata-rata 17,6 poin dalam 11 penampilan, di mana ia mengemas 32 poin dalam Gim 4 putaran pertama melawan Denver Nuggets sebagai salah satu performa terbaiknya.

Penampilan gemilang Thompson tak mengejutkan bagi asisten pelatih Warriors Mike Brown, yang kembali mendampingi tim lantaran pelatih kepala Steve Kerr masih absen setelah dites positif COVID-19.

"Itulah Klay. Dia ingin melantai dan bermain hebat. Sama seperti kami mengharapkannya keluar dan tampil luar biasa," kata Brown.

Gim 7 juga menandai torehan gemilang lain bagi Thompson, yang melesakkan delapan percobaan luar busur, untuk menyamai rekor tripoin terbanyak sebuah pertandingan playoff yang dimiliki Ray Allen, Stephen Curry, dan Damian Lillard.

Menurut Draymond Green, apa yang dicapai Thompson secara tidak langsung membuktikan peran besarnya di Warriors dan mengapa tim mereka absen dari playoff di dua musim sebelumnya.

"Kami vakum dua tahun dari playoff dan sebagian besar itu karena Thompson absen," ujar Green.

Di final Barat nanti Warriors akan menghadapi pemenang Phoenix Suns atau Dallas Mavericks yang sementara masih berkedudukan imbang 3-3.

Baca juga: Suns kalah tapi Devin Booker malah tak sabar lakoni Gim 7 perdananya
Baca juga: Jayson Tatum bantu Celtics paksa Bucks mainkan Gim 7
Baca juga: Pelatih Bucks tetap optimistis tatap Gim 7 lawan Celtics

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022