Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pameran Alat Utama Sistem Senjata (alutsista) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut yang digelar pada rangkaian Navy Jazz Traffic Festival di Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjadi salah satu ajang edukasi bagi masyarakat.

Wakil Ketua Bidang Pameran Alutsista Navy Jazz Festival Mayor Laut Pelaut Agung Susyanto di Kabupaten Malang, Sabtu mengatakan bahwa sejak dibuka pada 12 Mei 2022, pameran alutsista tersebut sudah dikunjungi kurang lebih 2.000 orang.

“Ini termasuk edukasi ke masyarakat, agar mengenal lebih dalam Angkatan Laut itu seperti apa. Siapa tahu, dengan adanya edukasi seperti ini, masyarakat antusias untuk mendaftar ke Angkatan Laut lebih banyak,” kata Agung.

Baca juga: Rajawali Laut Flight buka Navy Jazz Traffic Festival

Agung menjelaskan, ada kurang lebih sebanyak delapan alutsista yang dipamerkan dalam rangkaian Navy Jazz Traffic Festival tersebut. Diantaranya adalah sejumlah kendaraan taktis tempur dari Batalyon Intai Amfibi dan Komando Pasukan Katak.

Kemudian, lanjutnya, juga dipamerkan RM Grad yang merupakan senjata peluncur roket dari Resimen Artileri, termasuk kendaraan pendukung peluncur roket tersebut, serta satu helikopter Bell 505.

"Alat yang dipamerkan kurang lebih delapan alutsista. Ada kurang lebih 2.000 orang yang mengunjungi pameran kami," katanya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Navy Jazz Traffic Festival asal Surabaya, Raya, mengatakan bahwa pameran alutsista yang dipamerkan tersebut bisa menjadi ajang edukasi kepada masyarakat, terutama untuk anak-anak.

Sesungguhnya, ia berkeinginan untuk mengajak anak-anaknya melihat pameran alutsista tersebut. Namun, karena rangkaian konser musik Navy Jazz Traffic Festival tersebut hingga malam hari, ia mengurungkan niat untuk mengajak anak-anaknya.

"Sebenarnya ini kalau bersama anak-anak akan seru, tapi ini karena sampai malam saya tidak mengajak anak-anak. Ini mengedukasi, jarang saya melihat mobil kendaraan tempur seperti ini," katanya.

Pada Navy Jazz Traffic Festival 2022 yang digelar di wilayah Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang tersebut, menampilkan Dewa 19 feat Virzha, Tulus, Padi Reborn, Reza Artamevia, Barry Likumahuwa serta sejumlah artis lainnya.

Selain konser musik, Navy Jazz Traffic Festival juga menghadirkan berbagai kegiatan lain, yakni gelar produk UKM Jawa Timur dan creative market, pameran Alutsista TNI AL dan demonstrasi penerjunan Pasukan Khusus Kopaska Koarmada II.

Event Jazz Traffic Festival tahun ini merupakan gelaran kesepuluh kalinya sejak tahun 2011, setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Presiden: Pameran alutsista bentuk transparansi kepada publik

Baca juga: Pameran alutsista TNI digelar di sekitar Istana Kepresidenan

Baca juga: Wamenhan buka rapim susun program pertahanan lima tahun

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022