Negara-negara yang bergantung pada bahan bakar fosil, berjuang untuk menemukan sumber energi karena adanya sanksi ekonomi. Krisis mendorong kebutuhan yang mendesak, untuk penyediaan pasokan yang berkelanjutan dan percepatan transisi energi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia menegaskan kesiapannya bekerja sama untuk mengatasi krisis global dalam pertemuan pertama tingkat Sherpa dari Global Crisis Response Group (GCRG) yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (13/5).

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Susiwijono Moegiarso sebagai Sherpa GCRG untuk Indonesia menyampaikan saat ini beberapa bagian dunia bergantung pada Rusia dan Ukraina untuk pasokan pangan, yang sangat terganggu dengan adanya konflik dan diperparah dengan lonjakan harga, terutama terkait pengiriman barang dan logistik.

"Negara-negara yang bergantung pada bahan bakar fosil, berjuang untuk menemukan sumber energi karena adanya sanksi ekonomi. Krisis mendorong kebutuhan yang mendesak, untuk penyediaan pasokan yang berkelanjutan dan percepatan transisi energi," kata Susiwijono dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya diversifikasi rantai pasokan ke sumber-sumber alternatif dan pembangunan kapasitas kolektif untuk negara-negara yang terkena dampak.

Sebagai pengekspor gas alam terbesar di dunia dan pengekspor minyak terbesar kedua di dunia, sanksi yang diterapkan kepada Rusia menyebabkan kenaikan harga energi secara signifikan.

Terhadap isu keuangan global, Indonesia menyatakan kesiapan untuk mendiskusikan cara mengurangi risiko tinggi debt distress, terutama yang dihadapi oleh negara-negara berkembang dan negara berkembang berpenghasilan rendah, termasuk yang terkait dengan Inisiatif Penangguhan Layanan Utang (Debt Service Suspension Initiative).

Ketiga isu yang dibahas tersebut juga akan menjadi agenda prioritas pada Presidensi G20 Indonesia tahun ini. Working Group G20 yang relevan dengan isu-isu tersebut akan melakukan sinkronisasi dan mensinergikan concrete deliverables dengan program-program GCRG.

GCRG dibentuk oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang terdiri dari 6 Kepala Negara/Kepala Pemerintahan sebagai Champions Group of the GCRG yang bertujuan untuk mengkoordinasikan kebijakan dan implementasi dalam menangani krisis yang timbul dari dampak konflik Rusia - Ukraina dan pandemi COVID-19.

Pertemuan pertama Sherpa GCRG membahas peran yang diharapkan atas pembentukan GCRG dan strategi advokasi untuk menyusun langkah aksi dan rekomendasi, serta Roadmap GCRG untuk mengatasi situasi krisis yang tengah dihadapi guna diadvokasi kepada para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan.

Pertemuan ini dipimpin oleh Deputi Sekretaris Jenderal PBB Amina Mohammed dan dihadiri oleh para Sherpa GCRG dari Indonesia, Jerman, Denmark, Bangladesh, dan Senegal.

Deputi Sekretaris Jenderal PBB Amina Mohammed menyebutkan para Champions Group of the GCRG sangat dibutuhkan untuk menavigasi krisis multidimensional, terutama krisis pangan, energi, dan keuangan.

GRCG juga berupaya untuk mengevakuasi warga negara Ukraina dari Mariupol secepatnya, dengan membuka perbatasan negara-negara tetangga dan menyediakan bantuan kemanusiaan.

"Melalui forum ini, PBB berada dalam mode proaktif untuk memitigasi tantangan yang akan datang dan dalam implementasinya akan berusaha untuk menyelaraskan dengan agenda-agenda di luar GCRG, seperti agenda pada Forum G7 dan G20," ungkap Amina.

Ia pun turut menyampaikan bahwa PBB mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di Presidensi G20 Tahun 2022. Sama seperti di Forum G7, PBB telah memiliki beberapa rekanan untuk membahas agenda keamanan pangan.

Hasil pertemuan GCRG akan disampaikan dalam bentuk briefing notes. Untuk pertemuan berikutnya di minggu ketiga atau keempat Mei 2022, briefing notes akan dibagi dalam beberapa sub grup, yakni fertilizer, logistik, serta Investasi.

Baca juga: Menko Airlangga keluarkan aturan soal agenda Sherpa Track G20
Baca juga: Kementerian ESDM paparkan fokus isu transisi energi di G20
Baca juga: Indonesia suarakan tiga isu utama dalam Pertemuan Sherpa G20

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022