... memulainya dari hulunya, dari pelestarian alam dan tumbuh-tumbuhan penghasil bunga... kami tawarkan kepada masyarakat yang bergiat di komoditas ini karena lebah madu alam mendapat nektarnya dari tumbuhan di alam liar...
Jakarta (ANTARA News) - Program Kemitraan dan Bina Lingkungan menjadi satu hal penting bagi banyak perusahaan di seluruh dunia, tidak terkecuali bagi BNI Cabang Sumbawa, NTB. Menyasar kekhasan dan keunggulan setempat, cabang bank pemerintah itu juga memfokuskan program itu pada komoditas madu alam sumbawa yang ternama itu.

"Banyak peneliti, di antaranya dari Jepang, menilai madu alam sumbawa itu berkualitas sangat prima. Kami menganggap kesinambungan produksi dan proses pembuatan madu sumbawa dari alam ini harus dijaga sebaik mungkin agar memberi manfaat semaksimal mungkin bagi masyarakat," kata Pemimpin BNI Cabang Sumbawa, I Gusti Nyoman Dharma Putra, dari Sumbawa, NTB, Rabu.

Melalui PKBL, katanya, pembinaan kepada para pencari madu alam sumbawa itu tidak dilakukan secara begitu saja.

"Kami memulainya dari hulunya, dari pelestarian alam dan tumbuh-tumbuhan penghasil bunga. Konsep inilah yang kami tawarkan kepada masyarakat yang bergiat di komoditas ini karena lebah madu alam mendapat nektarnya dari tumbuhan di alam liar," katanya.

Kawasan binaan madu alam sumbawa itu, katanya, terletak di Kecamatan Semongkat, Kabupaten Sumbawa Besar, NTB. Masyarakat setempat memang telah lama dikenal sebagai pencari madu andal yang kualitas madu alamnya sangat prima. Lebah madu (Apini andreniformis) di sana juga sungguh bergantung pada eksistensi tumbuh-tumbuhan liar penghasil bunga setempat.

Menurut dia, dengan memulai dari hulu berarti sejalan dengan konsepsi Go Green yang menjadi kebijakan sentral BNI. Dari sisi bisnis perbankan, Go Green ini juga menjadi penekanan tersendiri; di antaranya melakukan penilaian pelaksanaan aktivitas bisnis para calon nasabah dari aspek konservasi lingkungan.

Ini juga yang menjadi salah satu pembeda BNI dengan beberapa bank sejenis yang beroperasi di Tanah Air. BNI juga memiliki satu unit khusus yang melakukan tugas itu di dalam struktur organisasinya.

"Sebagai BUMN yang bergiat di sini, kami juga berpartisipasi aktif dalam PKBL ini. Dengan menyinergikan banyak aspek, kami juga melakukan hal serupa pada pemuda setempat, dinamakan Sumbawa Go Green," katanya.

Dalam pelaksanaannya, Sumbawa Go Greeen itu diterapkan di kawasan Bendungan Batu Bulan yang diketahui gersang. Awal mulanya, KNPI setempat membuat proposal berintikan program penghijauan yang ternyata selaras dengan program kerja pemerintahan setempat.

"Bisa dikembangkan menjadi wisata alam yang bermanfaat dalam banyak hal kepada masyarakat setempat. Ini suatu bentuk sumbangsih kami kepada wilayah di mana kami beroperasi," katanya.

Baru-baru ini BNI Cabang Sumbawa juga turut dalam Pasar Murah yang juga melibatkan beberapa BUMN di sana. Beberapa bahan keperluan pokok, yaitu beras, minyak goreng, dan lain-lain, disediakan dalam harga murah kepada masyarakat pada gelaran itu.

"Kami awasi betul semuanya dan kami tidak ingin ada kekeliruan yang tidak perlu. Ini bersentuhan langsung dengan masyarakat dan ini juga bentuk akuntabilitas kami kepada masyarakat. Diupayakan semaksimal mungkin seluruh keperluan untuk pasar murah itu juga diadakan dari sini sehingga bisa juga menambah gerak perekonomian setempat," katanya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011