Hanoi (ANTARA) - Memasuki hari ketiga sejak SEA Games 2021 Vietnam beberapa catatan menarik tersaji pada Sabtu dengan salah satunya jarak antarvenue atau arena pertandingan yang saling berjauhan.

SEA Games 2021 diadakan dalam tiga kluster. Kluster I meliputi sepeda, atletik, renang, panahan, judo, jujitsu, pencak silat, menembak, angkat besi, e-sport, anggar, fin swimming, sepak bola, futsal, dan karate.

Kluster II meliputi cabang olahraga basket, boling, gulat, senam, wushu, sepak takraw, taekwondo, vovinam, golf, bulu tangkis, tinju, kick boxing, dan tenis.

Sedangkan Kluster III yang letaknya paling jauh lebih sedikit cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni kano, dayung, voli, triathlon, dan catur.

Di satu kluster, ada cabang olahraga yang arenanya berkumpul menjadi satu atau saling berdekatan, namun ada pula yang berjauhan, seperti golf yang menyempil di Vinh Phuc dengan jarak 60 kilometer dari Hanoi meski masih di Kluster I.

Paling jauh adalah arena pertandingan catur di kluster III yang jaraknya 192 km dari pusat kota Hanoi.

Baca juga: Tenis putra Indonesia melaju ke final

Pelaksanaannya di lapangan juga kadang-kadang tidak sama dengan jadwal karena sepak bola tercatat di Kluster I tetapi bertandingnya di Phu Tho yang merupakan provinsi tersendiri dengan jarak sekitar 80 km dari Hanoi.

Mau tidak mau orang harus menyewa kendaraan karena taksi online kebanyakan menolak mengantarkan ke lokasi tersebut karena jauh.

Kalaupun mau, biasanya sopir taksi online menginginkan disewa pergi-pulang (PP).  Mereka tidak mau rugi sehingga sudah langsung membawa penumpang saat kembali ke Hanoi.

Sebagai perbandingan, ongkos naik taksi daring Hanoi-Phu Tho PP sekitar 2,2 juta dong, sementara sewa mobil pribadi sekitar 1,7-2,3 juta dong bergantung armadanya.

Soal waktu tempuh, perjalanan Hanoi-Phu Tho memakan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam sehingga harus berangkat jauh lebih awal agar tidak ketinggalan pertandingan.

Kondisi jalanan Hanoi dalam kota juga relatif sama dengan Jakarta yang penuh sesak kendaraan, sementara jalur ke luar kota sangat lengang, apalagi jika lewat jalan tol.

Baca juga: PODSI janjikan hadiah rumah untuk atlet peraih medali

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022