Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund menang 2-1 atas Hertha Berlin pada pekan terakhir Liga Jerman musim ini di Signal Iduna Park, Sabtu malam WIB.

Tim tamu mencetak gol lebih dahulu berkat Ishak Belfodil. Erling Haaland mencetak gol penyeimbang sekaligus perpisahannya untuk Die Borussen sebelum Youssoufa Moukoko mencetak gol penentu kemenangan, demikian laporan laman Bundesliga.

Hasil ini membuat Dortmund finis runner up Liga Jerman dengan 69 poin dari 34 laga atau berselisih 8 angka dengan Bayern Muenchen yang menjuarai kompetisi ini. Sementara Hertha Berlin berada pada peringkat ke-16 dengan 33 poin dan terdegradasi ke Bundesliga 2 musim depan.

Berlin unggul lebih dahulu pada menit ke-16, Dan-Axel Zagadou melanggar Ishak Belfodil di kotak terlarang. Belfodil sukses mengeksekusi penalti untuk membawa timnya unggul 1-0 untuk Berlin.

Dortmund cukup kesulitan dalam mengatasi Berlin di mana hampir tidak ada peluang berarti yang bisa diciptakan pasukan Marco Rose.

Baca juga: Bayern Muenchen tutup musim dengan imbang 2-2 lawan Wolsfburg

Pada menit ke-37, Dortmund baru bisa menebar ancaman ketika umpan Marco Reus disambut Marius Wolf dengan sundulan tetapi bola melebar dari gawang Berlin.

Selepas jeda, Berlin masih menyulitkan Dortmund, namun kesalahan tim tamu menguntungkan tuan rumah pada menit ke-68.

Dortmund mendapatkan hadiah penalti setelah pemain Berlin Marvin Plattenhardt handball usai wasit mengecek VAR.

Erling Haaland mengeksekusi penalti menjadi gol yang menjadi gol terakhirnya untuk Dortmund sebelum pindah ke Manchester City.  Skor berubah 1-1.

Pada menit ke-84, Dortmund membalikkan keunggulan lewat gol striker muda Dortmund Youssoufa Moukoko yang menerima umpan terobosan dari Jude Bellingham.

Baca juga: Direktur klub konfirmasi Lewandowski ingin tinggalkan Bayern Muenchen

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022