Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyaksikan pertandingan pencak silat dan memberi dukungan kepada Tim Pencak Silat RI dalam perhelatan SEA Games 2021 yang diadakan pada tahun 2022 di Vietnam.

“Terus berjuang pencak silat Indonesia. Pencak silat adalah budaya bangsa. Kita harus kerja keras. Goal kita adalah membawa pencak silat ke Olimpiade,” kata Prabowo dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo tidak hanya hadir sebagai Menteri Pertahanan, Ia juga hadir sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sekaligus Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT) Dunia.

Kedatangan Prabowo dalam perhelatan SEA Games ini memiliki tujuan untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada atlet tim nasional RI. Terlebih, sebelumnya, Indonesia telah mendapatkan tambahan medali emas SEA Games 2021 dari cabang olahraga pencak silat.

Dua atlet pencak silat putri andalan RI, yakni Riska Hermawan dan Ririn Rinasih, berhasil menyumbangkan medali emas pertama dari cabang olahraga pencak silat pada ajang SEA Games 2021 setelah mengalahkan pasangan tuan rumah Vietnam di Bac Tu Liem Stadium, Hanoi, Rabu (11/5).

Riska dan Ririn sudah berpasangan pada nomor ganda putri sejak 2016. Kedua atlet ini menorehkan medali pertama SEA Games mereka pada ajang SEA Games sebelumnya berupa satu keping medali perunggu.

Khusus untuk SEA Games Vietnam ini, keduanya melakukan persiapan dalam pemusatan latihan nasional sejak Januari 2022.


Baca juga: Menjaga tradisi jawara silat
Baca juga: Ririn/Riska sumbang emas pertama pencak silat

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022