Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah pemudik dari Sumatera baik pejalan kaki maupun menaiki kendaraan roda dua dan empat masih terlihat baru kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, setelah sepekan usai puncak arus balik Lebaran 2022.

Salah seorang pemudik asal Mandailing, Sumut, Ahmad Juni, di Lampung Selatan, Minggu mengatakan bahwa sengaja kembali ke Pulau Jawa setelah sepekan arus mudik agar tidak terkena kemacetan panjang di Bakauheni.

"Ya, ini mau balik ke Sukabumi, karena memang kalau pulang pada tanggal 7 atau 8 Mei yang lalu sudah pasti ramai di sini, kalau sekarang kan lengang," kata dia.

Baca juga: Pemudik harap Pelabuhan Panjang tetap beroperasi tahun depan

Ia mengatakan bahwa memperpanjang masa mudiknya di Mandailing, selain guna menghindari penumpukan kendaraan juga karena di kampung halamannya terdapat acara keluarga.

"Kebetulan juga kan ada acara jadi sedikit memperlama pulang ke Sukabuminya," kata dia.

Hal serupa dikatakan oleh Alfa pemudik asal Lampung yang akan kembali ke Pulau Jawa.

"Ngambil hari ini kembali ke Pulau Jawa karena tidak macet saat mau masuk kapal, kalau sepekan lalu kan ramai banget capek nunggu antreannya," ujarnya.

Ia mengungkapkan tujuannya balik ke Pulau Jawa guna mencari pekerjaan baru, sebab sebelum Lebaran dirinya terkena pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan tempatnya bekerja.

"Mau cari kerja baru di Jawa, karena sebelum Lebaran keluar dari kerjaan. Kebetulan saya sendirian merantaunya," ujarnya.

Baca juga: Polres Lampung Selatan cek kesehatan pemudik sebelum masuk kapal

Sementara itu, salah satu agen Ferizy yang terdapat di Bakauheni, Alfin mengungkapkan bahwa setelah puncak arus balik, pihaknya bisa melayani seratusan pemudik yang memerlukan tiket untuk menyeberang ke Pulau Jawa.

"Ya kalau dibandingkan dengan puncak arus balik, jelas masih banyak pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022 lalu. Kalau setelah puncak arus balik lumayan lah, saya bisa melayani ratusan konsumen," ujarnya.

Sedangkan berdasarkan pantauan dari Kota Bandarlampung hingga Lampung Selatan, tepatnya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), arus kendaraan lancar.

Terpantau masih terdapat sejumlah pemudik dengan kendaraan roda dua dan roda empat yang menuju ke Pelabuhan Bakauheni. Namun kendaraan yang melaju di Jalinsum di dominasi oleh truk-truk logistik.

Berdasarkan data yang diterima dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, tercatat dari tanggal 9 hingga 14 Mei 2022 atau sepekan setelah Lebaran sebanyak 382.671 penumpang telah menyeberang ke Pulau Jawa.

Baca juga: Menilik kelancaran arus balik Lebaran di Bakauheni
Baca juga: Agen penjual tiket kapal feri mudahkan pemudik arus balik di Bakauheni

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022