Baik yang dirawat di rumah sakit maupun isolasi mandiri terkait kasus aktif di dua kabupaten ini sama-sama nol pasien
Palangka Raya (ANTARA) -
Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan berdasarkan data terbaru pada Minggu, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Lamandau tidak ditemukan kasus aktif COVID-19.
 
"Baik yang dirawat di rumah sakit maupun isolasi mandiri terkait kasus aktif di dua kabupaten ini sama-sama nol pasien," kata Perwakilan Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19 Kalteng Agus Siswadi di Palangka Raya, Minggu.
 
Sedangkan untuk kabupaten dan kota lainnya masih ditemukan kasus aktif, seperti Palangka Raya 8 pasien di rumah sakit dan 14 pasien isolasi mandiri, Kapuas 1 pasien di rumah sakit dan 3 pasien isolasi mandiri, Kotawaringin Timur 2 pasien isolasi mandiri, serta Murung Raya 2 pasien di rumah sakit dan 4 pasien isolasi mandiri.

Baca juga: Pemprov Kalteng sediakan gerai vaksinasi bagi pengunjung objek wisata
 
Gunung Mas 1 pasien isolasi mandiri, Barito Timur 1 pasien isolasi mandiri, Katingan 1 pasien di rumah sakit, Barito Selatan 2 pasien isolasi mandiri, Sukamara 1 pasien di rumah sakit, Barito Utara 1 pasien di rumah sakit dan 3 pasien isolasi mandiri, serta Pulang Pisau dan Seruyan masing-masing 1 pasien isolasi mandiri.
 
"Total kasus aktif yakni di rumah sakit 14 orang dan isolasi mandiri sebanyak 32 orang," jelasnya.
 
Sementara itu akumulasi jumlah kasus COVID-19 sejak pertama ditemukan di Kalteng kini menjadi sebanyak 57.080 kasus, terdiri dari 55.342 sembuh, kasus aktif yakni di rumah sakit 14 orang dan isolasi mandiri 32 orang, serta 1.692 meninggal.

Baca juga: Satgas: Pasien sembuh COVID-19 Kalteng capai 54.649 orang
 
Kemudian untuk capaian vaksinasi di Kalteng per 14 Mei 2022 untuk dosis pertama yakni 2 juta lebih penduduk atau 98,79 persen, dosis kedua 1,6 juta lebih penduduk atau 82,29 persen, serta dosis ketiga atau penguat sebanyak 374 ribu lebih penduduk atau 18,37 persen.
 
"Upaya peningkatan capaian vaksinasi terus dilaksanakan meski capaian yang ada sudah cukup baik. Termasuk di antaranya pada masa mudik Lebaran kemarin digelar gerai vaksinasi pada berbagai lokasi di Kalteng," jelasnya.

Baca juga: Vaksinasi anak usia 6-11 tahun Kalteng capai 82,57 persen
 
Lebih lanjut Tim Satgas tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah efektif mencegah terjadinya penularan COVID-19.
 
Seperti tetap memakai masker saat beraktivitas, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir maupun membawa cairan pembersih tangan atau hand sanitizer, menjaga jarak serta menjauhi atau mencegah kerumunan.

Baca juga: Pemprov Kalteng beri minyak goreng warga ikut vaksinasi COVID-19

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022