Jayapura (ANTARA News) - Meskipun perayaan Natal 25 Desember masih beberapa pekan lagi namun, aneka kue kering dengan berbagai cita rasa tampak "membanjiri" sejumlah mal atau toko di Kota Jayapura, Papua.

Dari pantauan ANTARA, Jumat, terlihat bahwa aneka kue kering telah ditata dalam toples yang cantik dengan berbagai macam bentuk dan cita rasa di sejumlah toko, antara lain di Hola Plaza Pdang Bulan, Multi Grosir Tanah Hitam, Ramayana Mall Abepura, Saga Jayapura, Toserba Aneka dan Gelael Jayapura.

Elon Salipadang, salah seorang karyawan Hola Plaza Padang Bulan mengatakan bahwa aneka kue kering tersebut didatangkan dari luar Papua seperti Jakarta dan Surabaya untuk persediaan Natalan nanti.

"Kue-kue kering ini kami datangkan dari luar Papua seperti Jakarta," katanya menjelaskan.

Ia juga mengatakan bahwa aneka kue kering tersebut dijual dengan harga yang relatif terjangkau, mulai dari Rp20.000 hingga Rp75.000 ribu per toples.

"Harganya cukup murah dan terjangkau dengan aneka kue pilihan," katanya.

Berbagai macam kue kering yang dijual adalah kue dengan ciri khas hari raya seperti kue cornflakes, nastar, crispy, keju, palm sugar dan lain-lain.

Menurutnya, selain itu ada juga aneka kue kering buatan lokal Jayapura yang telah dititipkan oleh pemasok.

"Ada juga kue buatan lokal Jayapura yang dititip," katanya seraya menunjukan letak penganan tersebut.

Aneka kue buatan lokal Kota Jayapura dapat terlihat dari penampilan, bentuk dan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan aneka kue dari luar Papua, serta dapat diketahui dengan keterangan yang tertera pada lebel yang dibuat secara sederhana.

Seperti kue spekulas dan korma yang dipatok dengan harga Rp75.000 per toples ukuran sedang. Sedangkan kue putri salju, keju dan rasya dipatok pada harga Rp66.000 per toples sedang.

Jika di Hola Plaza, aneka kue kering berasal dari Jakarta lain halnya dengan aneka kue kering yang ada di Multi Grosisr Tanah Hitam Abepura.

"Aneka kue yang kami sediakan saat ini dari lokal Jayapura saja, yang lainya belum ada tetapi tetap kami akan sediakan," kata Kristin salah seorang karyawan Multi Grosir Tanah Hitam.

Menurut dia, saat ini pihaknya mencoba untuk menyediakan aneka kue lokal Jayapura yang didatangkan dari daerah Dok IX, Kotaraja, dan Waena.

"Ada kue putri salju, korma, daun dan juga kue lainya rata-rata Rp35 ribu hingga Rp45 ribu per toples kecil," katanya.

Sementara itu, Ny Rika Runtuboy salah seorang pembeli di Multi Grosir Tanah Hitam, warga Kamp Key, Abepura, Kota Jayapura yang saat itu sedang asyik memilih aneka kue kering bersama keluarganya, kepada ANTARA mengatakan bahwa kue-kue tersebut berasal dari lokal Jayapura.

"Ini kue buatan dari Jayapura," katanya sambil menunjukkan keterangan pada lebel yang tertera di toples.

Menurutnya, aneka kue kering yang ditawarkan oleh sejumlah mal atau toko menjelang Natalan sangat tepat karena membuat warga menjadi sangat terbantu.

"Dengan adanya kue kering ini, kami sangat terbantu saat Natalan nanti," katanya.

Selain aneka kue kering yang ditawarkan oleh sejumlah mal atau toko yang ada di Jayapura yang telah diatur rapi dalam toples baik yang didatangkan dari luar Papua atau lokal Jayapura, ada juga aneka kue kering yang dibungkus dalam plastik kemasan dengan harga yang relatif murah, hanya Rp10 ribu hingga Rp20.000 per bungkus. (ANT-185)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011