Jakarta (ANTARA) - Boneka Barbie edisi terbatas Ratu Elizabeth II yang dirilis untuk merayakan Platinum Jubilee-nya, terjual habis dalam tiga detik setelah dijual di John Lewis.

Dikutip Independent pada Senin, boneka ini dijual dengan yang dihargai 94,99 poundsterling atau senilai Rp1,7 juta di pengecer dan sekarang dijual di eBay dengan harga 1.000 poundsterling atau Rp17,9 juta.

Barbie meluncurkan boneka itu pada bulan April untuk menandai 70 tahun Ratu bertahta, yang menjadikannya sebagai raja paling lama yang berkuasa dalam sejarah Inggris.

Baca juga: Peringatan platinum jabatan, Ratu Inggris dapat boneka Barbie

Barbie Ratu Elizabeth II merupakan bagian dari Koleksi Tributes, untuk menghormati tokoh-tokoh terkenal dan bersejarah.

Ratu Elizabeth II dalam bentuk Barbie, mengenakan gaun putih dengan selempang berpita merah muda dan biru dengan medali miniatur yang terinspirasi dari Royal Family Orders.

Boneka itu juga memakai rambut khas Ratu, lengkap dengan tiara berdasarkan Fringe Tiara milik Ratu Mary, yang dikenakan Ratu Elizabeth II pada pernikahannya dengan Pangeran Philip.

Barbie dilengkapi kotak yang terinspirasi dari Istana Buckingham, yang menampilkan tahta dan karpet merah yang diambil dari ruang tahta istana.

John Lewis mengatakan bahwa stok bonekanya terjual habis dalam tiga detik.

Di eBay, lusinan daftar boneka koleksi tersebut telah naik, dengan penjual menjanjikan kemasan yang belum dibuka dan sempurna.

Akan tetapi, ada juga yang menjualnya dengan kemasan yang sudah rusak dan dijual seharga ratusan poundsterling.

Penghormatan Barbie kepada Ratu hanyalah salah satu dari ratusan merchandise dan branding Platinum Jubilee yang telah tersedia dalam beberapa bulan terakhir.

Pasar untuk memorabilia kerajaan bisa sangat menggiurkan, dengan beberapa barang langka selama bertahun-tahun menghasilkan nilai ratusan poundsterling.

"Sejak 1959, tujuan merek Barbie adalah untuk menginspirasi potensi tak terbatas pada setiap gadis dan mengingatkan mereka bahwa mereka bisa menjadi apa saja. Pesan itu tidak pernah lebih relevan daripada sekarang ini," kata juru bicara Barbie.

Queen's Platinum Jubilee akan ditandai dengan empat hari libur akhir pekan yang akan berlangsung di Inggris mulai 2-5 Juni, yang akan melibatkan perayaan dan inisiatif nasional.

Baca juga: Barbie luncurkan boneka seri desainer Vera Wang

Baca juga: "Barbie" tayang mulai 21 Juli 2023

Baca juga: Butet Manurung wakili Indonesia untuk 12 Model Global Barbie

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022