Jakarta (ANTARA News) - Demi menjaga untuk tampil menarik, para selebritas sering menggunkan cara perawatan kecantikan yang unik.

Mulai dari meminum jus yang secara pintar menyehatkan tubuh dan kini ada sebuah kesenangan baru diantara para selebritas Hollywood yakni meminum jus rumput gandum.

Jus itu dipercaya bisa memperkuat tubuh, memelihara dan membuat wajah tampak cantik.

Mereka secara umum meminum jus sebelum sarapan, sebelum olah raga dan menjadikannya minuman energi. Jus rumput gandum sebenarnya bukanlah hal baru. Tetapi hal itu baru dikenal baru baru ini semenjak para selebritis mengkonsumsinya.

Jus rumput gandum telah diperkenalkan sejak tahun 1940an. Salah satu orang kebangsaan Amerika bernama Ann Wigmore yang menulis beberapa buku mengenai kemanjuran rumput gandum membuktikan bahwa ia pulih dari kanker karena bantuan minuman ini.

Lepas dari penyakit mematikan itu, ia mempelajari mengenai tumbuhan medis dan menulis lebih dari 30 judul buku, termasuk yang berjudul "Elixir Of Life" yang memuat keajaiban dari rumput gandum.

Seorang ilmuwan dari the Institute of Oncology, Professor Petrov menemukan bahwa kecambah memperlambat pertumbuhan tumor dan mengurangi jumlah metastasis.


Manfaat kesehatan

Seperti dikutip dari Genius Beauty, beberapa penelitian menunjukan eksistensi dari kandungan anti kanker di minuman ini. Selain itu mereka tak mengatakan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan tubuh.

Rumput tumbuh dari kecambah gandum yang memiliki lebih dari 90 jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh manusia. jus hijau ini juga sangat berguna karena mengandung asam amino, termasuk Lisin, yang akan melumasi kulit dan rambut agar terlihat menarik.

Sebanyak 70 persen rumput gandum mengandung klorofil hingga struktur molekular yang menyerupai hemoglobin, yang secara aktif melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit kardiovaskular. Kecambah gandum mengandung lebih dari 400 enzim.

Cara membuat jus rumput itu juga mudah dan tidak mahal. Jika muncul kecambah dari gandum panenlah segera setelah mencapai tinggi 10-12 inci. Kemudian , buatlah jus dengan mencampurnya dengan sedikit air.

Selain itu, banyak ahli yang memperingatkan untuk segera memproses dan meminum jus rumput gandum dalam 15 menit setelah dipanen. karena jika tidak, enzim-enzim didalamnya akan berkurang. Dalam satu jam, enzim didalamnya akan menghilang.

Para Ahli menyarankan untuk meminum jus pada saat perut kosong, mulai dari jumlah yang sedikit dan secara berangsurangsur menambah porsinya. Kecambah hijau dapat ditambahkan kedalam cocktail buah, jus yang dicampur alpukat, jus apel, biji bunga matahari, dan alfalfa. Anda juga dapat mencampurnya dengan Yoghurt.(yud)


Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011