Sumsel optimis bisa sukses menyelenggarakan Fornas
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyosialisasikan penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI untuk meminta dukungan masyarakat agar sukses menjadi tuan rumah.

"Fornas VI akan diselenggarakan di Palembang pada 1-7 Juli 2022 diikuti peserta dari seluruh provinsi, partisipasi dari seluruh masyarakat berperan besar untuk menyukseskan sebagai tuan rumah," kata Gubernur Sumsel pada acara halal bihalal dan pengarahan tentang pengelolaan aset yayasan di Masjid Khusnul Khotimah Sukawinatan Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, untuk menjadi tuan rumah yang baik, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan mulai dari panitia pelaksana hingga tempat pertandingan.

"Seluruh persiapan sudah dimatangkan, berdasarkan evaluasi hampir 100 persen, melalui persiapan maksimal dan dukungan semua lapisan masyarakat, Sumsel optimis bisa sukses menyelenggarakan Fornas," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Palembang ajak manfaatkan Fornas wujudkan wisata olahraga
Baca juga: Pemprov Sumsel wajibkan seluruh sekolah kenalkan olahraga tradisional

Menurut dia, pembukaan Fornas VI rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan sejumlah pejabat lainnya.

Sebagai tuan rumah yang baik, Gubernur Herman Deru mengajak masyarakat bersama-sama menyambut kehadiran Presiden Jokowi, sejumlah pejabat pusat dan peserta Fornas dengan penuh suka cita.

Fornas merupakan ajang kompetisi olahraga rekreasi yang bertujuan tidak hanya untuk kebugaran jasmani, tetapi juga sebagai upaya melestarikan budaya daerah dan nasional.

Olahraga rekreasi yang sudah jarang dikenal oleh masyarakat diharapkan dengan adanya Fornas di Palembang pada pertengahan tahun ini, olahraga rekreasi dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Kemudian melalui olahraga rekreasi itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat mengembangkan olahraga rekreasi dan tradisional serta jalinan hubungan sosial, ujar Gubernur.

Sementara sebelumnya Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Nasional Hayono Isman menjelaskan bahwa Fornas VI Sumatera Selatan memiliki 52 cabang olahraga masyarakat yang diperlombakan.

Terdiri atas olahraga tradisional, permainan dan olahraga modern yang bersifat massal seperti tarik tambang, paralayang, breakdance, wushu, 
perahu bidar dan lainnya.

Baca juga: Kormi Kabupaten Bogor mengajukan diri jadi tuan rumah Fornas 2023
Baca juga: Sumsel galang persiapan gelar Fornas VI 2022
Baca juga: KORMI Nasional bidik pemecahan rekor dunia dayung perahu Bidar Sumsel

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022