Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Puluhan umat Buddha di seputar wilayah Tulungagung, Jawa Timur, Senin merayakan Waisak di Vihara Budha Loka yang berlokasi di pusat Kota Tulungagung dengan suasana meriah namun khidmat.

Ritual doa dan sembahyangan dalam rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2566 Buddhist Era (BE) itu dimulai pukul 10.00 WIB dan dilakukan para penganut Buddha dengan penghayatan.

"Kami bersyukur karena peringatan Waisak akhirnya bisa terbuka untuk umat Buddha secara umum di Tulungagung," ujar Samanera Phiadaso, pemimpin perayaan Waisak di Vihara Budha Loka.

Baca juga: Wapres harap Waisak tingkatkan kebijaksanaan umat Buddha
Baca juga: Rohaniawan: Waisak momentum bangun kebersamaan antar umat beragama

Perayaan diawali dengan mengelilingi Vihara beberapa kali. Sambil berkeliling, umat membawa bunga sedap malam dan dupa yang sudah dinyalakan. Setiap melewati pintu utama, mereka menghadap patung Buddha dengan posisi bersimpuh dan membungkuk kepada-Nya.

Saat pandemi peringatan Waisak hanya diikuti oleh pengurus Vihara saja. Namun dengan seiring terkendalinya COVID-19 di Tulungagung, peringatan Waisak bisa diikuti oleh umum.

Rangkaian Waisak tahun ini dilakukan beberapa kegiatan, perlombaan, pengambilan air suci untuk ritual dan pelepasan binatang sebagai simbol cinta kasih dan memberikan kebebasan pada makhluk hidup. 

Baca juga: Bupati Klungkung lepasliarkan ratusan perkutut-kutilang di Hari Waisak

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022