Peran teknologi digital memiliki pengaruh signifikan atas perkembangan UMKM saat ini
Jakarta (ANTARA) - Webinar Think 20 (T20) pada Selasa (17/5/2022) akan membahas manfaat program digital bagi pemulihan industri kreatif dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Peran teknologi digital memiliki pengaruh signifikan atas perkembangan UMKM saat ini," sebut keterangan pers webinar T20 bertajuk "Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Mengakselerasi UMKM, Startup, dan Industri Kreatif" yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin malam.

Peningkatan pengaruh itu dinilai terjadi akibat banyaknya pelanggan yang menjaga jarak karena pandemi COVID-19 dan membeli produk melalui daring.

Hal itulah yang mendorong UMKM berkembang dari penjualan secara konvensional menjadi digital.

Acara yang diselenggarakan oleh Smart City and Community Innovation Center Institut Teknologi Bandung (SCCIC ITB) itu rencananya diisi oleh sejumlah tokoh yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya dengan host lead Co-Chair TF2 T20 Suhono Supangkat.

Selain itu, sejumlah peneliti TF2 T20 juga akan tampil yakni Gusti Raganata, Grace Heny M, dan Prof Gabriela Rigoni.

Acara itu akan dilakukan secara virtual mulai pukul 10.00 WIB.

T20 adalah kelompok keterlibatan G20 yang menyatukan lembaga kajian (think tank) dan pusat penelitian terkemuka di seluruh dunia.

Kelompok ini berfungsi sebagai bank ide bagi para pembuat kebijakan pada pertemuan G20 untuk memberikan rekomendasi kebijakan berbasis penelitian.

Baca juga: T20: Investasi infrastruktur digital masih diperlukan untuk negara G20
Baca juga: Transformasi digital harus bermanfaat bagi masyarakat
Baca juga: Konferensi T20 rekomendasikan pemulihan ekonomi inklusif-rendah karbon

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022