Jakarta (ANTARA) - Tim senam artistik menyumbangkan total tiga medali SEA Games 2021 di Vietnam yang terdiri atas dua medali emas dan satu perunggu yang semuanya diborong pesenam Rifda Irfanaluthfi.

Rifda meraih medali emas nomor Women's Floor Exercise dan Artistic All Around, serta medali perunggu dari nomor Women's Vault Table.

Pelatih senam artistik Eva Novalina T Butar Butar, ditemui usai tanding di Hanoi, Vietnam, Senin, bersyukur bisa memenuhi target yang dibebankan kepada tim senam artistik SEA Games 2021.

"Terima kasih untuk semua, kepada Tuhan, pemerintah. Karena kami bisa memenuhi target yang diberikan kepada kami," kata dia.

Eva yang dijuluki Ratu Senam Asia Tenggara mengakui persaingan SEA Games kali ini sangat ketat dengan kekuatan lawan yang berimbang.

Baca juga: Bulu tangkis beregu putra Indonesia tantang Thailand dalam semifinal

Eva mengaku suka dengan persaingan yang ketat dan kompetitif karena bisa memacu semangat atlet.

"Jadi, memang siapa yang persiapannya lebih mantap, yang mentalnya lebih kuat, (itulah) yang menang. Dari sekian SEA Games yang saya jalani, ini termasuk paling sengit," kata Eva.

Rifda sendiri mengaku sempat tegang dengan penampilannya meski sudah tampil keempat kalinya dalam pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu.

"Justru lebih tegang dan beban menurut saya. Ya karena cedera saya, gerakan yang saya tampilkan belum maksimal, ada target dari saya sendiri, dan pemerintah," kata Rifda.

Rifda mempersembahkan medali SEA Games 2021 yang diraihnya kepada keluarga, pelatih, dan rakyat Indonesia.

Baca juga: Agustina selamatkan perak 800m putri dari himpitan dua negara

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022