Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan industri penerbangan baik secara nasional maupun global akan segera bangkit.

Hal ini disampaikan Menhub saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi panel bertema “Reviving Aviation, Rebuilding Connection” yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Changi Aviation Summit 2022 yang berlangsung di Singapura, pada Selasa. 

Menhub mengungkapkan pemulihan industri penerbangan di sejumlah negara akan terjadi, namun waktu dan kecepatan pemulihannya akan berbeda-beda tergantung dari karakteristik wilayah geografis dan juga kebijakan masing-masing negara.

Baca juga: Riset: Kinerja industri penerbangan bakal membaik seiring vaksinasi

“Saya optimis industri penerbangan di Indonesia akan kembali bangkit dalam waktu dekat. Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat membutuhkan konektivitas melalui angkutan udara,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Menhub mengungkapkan sejumlah indikator yang membuatnya optimis di antaranya 70 persen penumpang angkutan udara adalah penumpang domestik, tingkat vaksinasi yang tinggi, penurunan kasus COVID-19, pelonggaran pembatasan perjalanan, dan permintaan masyarakat yang mulai meningkat terhadap angkutan udara.

Menurut dia, masa mudik tahun ini menjadi momentum kebangkitan dari industri penerbangan nasional setelah sempat terpuruk akibat pandemi. Mudik tahun ini menjadi tantangan,  kata dia, bagaimana melayani tingginya permintaan masyarakat melakukan perjalanan di tengah menurunnya jumlah armada pesawat yang beroperasi dari sebelumnya 550 pesawat, kini sekitar 350 pesawat.

Baca juga: Tahun 2021 industri penerbangan anjlok, bagaimana 2022?

“Kami perlu berpikir out of the box untuk menghasilkan skenario terbaik mudik yaitu perjalanan yang selamat, dan meminimalkan ketidaknyamanan yang terjadi,” ujar Menhub.

Berdasarkan data Traveler 2022 pada masa mudik ada 2,9 juta pergerakan penumpang atau 82 persen dari jumlah pemudik tahun 2019.

“Ini juga menunjukkan optimalisasi utilitas armada pesawat telah efektif dilakukan untuk melayani lonjakan penumpang,” kata Menhub.

Ia juga berharap tingginya permintaan penumpang pada saat mudik akan terus berlanjut, sehingga menjadi titik balik kebangkitan industri penerbangan nasional.

Baca juga: Menhub: Kolaborasi jadi strategi industri penerbangan saat pandemi

“Saya berharap cerita yang kami sampaikan dalam forum ini, dapat bermanfaat bagi sejumlah negara dalam rangka membangkitkan kembali industri penerbangannya,” kata Menhub.

Lebih lanjut Menhub menyampaikan pandemi COVID-19 sangat berdampak pada industri penerbangan di Indonesia. Sebagai perbandingan pada 2019 jumlah penumpang pesawat sudah mencapai 117 juta orang per tahun. Kemudian pada 020 menurun menjadi 43 juta orang per tahun dan pada 2021 kembali menurun menjadi 35 juta orang per tahun. Adapun pada tahun 2022 ini, diprediksi akan kembali meningkat menjadi 78 juta orang per tahun.

Turut hadir sebagai pembicara, Presiden International Civil Aviation Organization (ICAO) Salvatore Sciacchitano, Dirjen International Air Transport Association (IATA) Wilie Walsh, Menteri Transportasi Malaysia Wee Ka Siong, CEO Singapore Airlines Goh Choon Pong, CEO Narita Airport Akihiro Tamura, Dirjen Mobilitas dan Transportasi Komisi Uni Eropa Henrik Hololei, dan perwakilan dari Federal Aviation Administration (FAA).

Baca juga: Menhub: Pemulihan industri penerbangan jadi prioritas bersama


 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022