Hanoi (ANTARA) - Petembak Fathur Gustafian sukses mengawinkan medali emas SEA Games 2021 cabang olahraga menembak nomor 10 m Air Rifle setelah menempati peringkat pertama kategori putra.

Medali emas untuk nomor yang sama kategori putri sebelumnya sudah diamankan petembak Dewi Laila Mubarokah pada perlombaan yang digelar pada Senin (16/5) kemarin.

Fathur sukses memenangi perlombaan dengan torehan 103,9 poin, diikuti atlet Singapura Wong Z dengan 103,1 poin pada perlombaan yang berlangsung di Hanoi, Selasa.

Sedangkan medali perunggu diraih petembak Indonesia Paragra Duncan Taruma Negara Fuji Sentausa dengan perolehan 102,9 poin.

Perlombaan berlangsung ketat dengan salip menyalip poin, apalagi Duncan sempat memimpin dengan selisih poin yang cukup jauh.

Namun, Duncan yang tersalip harus puas di peringkat ketiga sehingga tinggal menyisakan Fathur dan petembak Singapura Wong yang harus menentukan pemenang.

Di tembakan terakhir, Fathur meraih nilai tinggi yakni 10,9 poin dan sukses meraih medali emas nomor 10 m Air Rifle Putra.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Tuhan, orang tua, PB Perbakin, atasan, senior, dan rekan. Terima kasih atas doa dan dukungannya. Hari ini luar biasa," kata Fathur.

Fathur sempat tidak menyangka bisa mendapatkan medali emas karena persaingan antarpetembak yang cukup ketat.

"Tetap percaya diri saja, bisa. Nothing to lose. Tadi sempat kekejar Mas Duncan. Kalau ikut pikiran negatif, saya bakalan kalah pastinya. Cuma tetap positif thinking saja," kata Fathur.

Sampai saat ini, cabang olahraga menembak mengumpulkan tiga medali emas, satu perak, dan satu perunggu di SEA Games 2021.

Satu emas lagi diraih pada nomor 25m Rapid Fire Pistol Men Team melalui Anang Yulianto, Dewa Yadi Putu Suteja, dan Totok Tri Martanto setelah membukukan nilai 1.710.

Sementara satu medali perak diraih pada nomor 10m Air Rifle Women Team yang menurunkan Citra Dewi Resti, Dewi Laila Mubarokah, dan Monica Daryanti.


Baca juga: Menembak raih dua emas dan satu perak pada hari pertama lomba
Baca juga: Klasemen medali SEA Games 2021: Indonesia naik ke peringkat empat
Baca juga: Vidya Rafika bertekad pertahankan emas SEA Games

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022